Berkat KTT Ke-42 ASEAN, Satlantas Polres Mabar Terima Hibah Kendaraan Listrik

Berkat KTT Ke-42 ASEAN, Satlantas Polres Mabar Terima Hibah Kendaraan Listrik

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai Barat menerima hibah 25 unit kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) dari Korps Lalulintas Polri untuk patroli dan pengawalan (patwal). 25 unit kendaraan listrik tersebut sebelumnya digunakan untuk Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo.

Kendaraan tersebut diterima langsung oleh Kasat Lantas Polres Manggarai Barat, IPTU Royke Weridity. Dirinya menjelaskan bahwa 25 unit kendaraan listrik bekas KTT Ke-42 ASEAN itu diserahkan langsung oleh Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen. Pol. Aan Suhanan.

"25 unit kendaraan listrik berbasis baterai tersebut terdiri dari satu unit tipe Hyundai Ioniq EV. Kendaraan yang diproduksi Korea Selatan tahun 2022 ini dipergunakan untuk mobil pengawalan. Selanjutnya, 4 unit motor pengawalan tipe Zero DSR dan 20 unit motor Patroli tipe Niu Gova 3," kata IPTU Royke Weridity usai menerima hibah di halaman Markas Polres Mabar, Jumat (12/05/2023) pagi.

Adapun untuk mobil listrik yang akan digunakan Satlantas Polres Mabar adalah Hyundai Ioniq EV. Mobil bergenre sedan ini dibekali dengan baterai lithium-ion polymer dengan kapasitas 38.3 kWh.

Hyundai Ioniq EV memiliki jarak tempuh hingga 373 Km (berdasarkan NEDC) dan 311 Km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya.

Mobil ini dapat melakukan pengisian daya penuh dalam 54 menit untuk pengisian nol hingga 80 persen dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW.

Sementara untuk performanya, diklaim cuma membutuhkan waktu 10,2 detik saat berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam (kpj).

Sedangkan untuk motor yang akan digunakan adalah tipe Zero DSR dan tipe Niu Gova 3. Di atas kertas, motor listrik tipe Zero DSR ini dibekali motor elektrik Z-Force 75-7R air-cooled. Sekali ngecas motor listrik ini bisa menjangkau jarak 262 km sampai 328 km.

Motor ini memiliki tenaga hingga 70 tk pada 3.500 rpm dengan torsi maksimal 157 Nm. Sementara untuk kecepatan tertinggi, motor ini bisa mencapai 163 kpj.

Kemudian untuk motor listrik tipe Niu Gova 3 ini mampu berlari hingga kecepatan 60 Km per jam dengan tenaga maksimum 2.000 W. Dengan bekal baterai lithium 60 volt 40 Ah dengan berat 20 Kg, motor listrik ini mampu menempuh jarak hingga 70 Km.

Motor listrik ini juga dibekali teknologi Energy Recovery System (EBS) memastikan baterai dapat terisi kembali oleh daya listrik ketika rem aktif sehingga dapat memperpanjang jarak tempuh.

Terakhir, Perwira dengan balok dua dipundaknya itu juga mengucapkan terima kasih atas hibah tersebut karena bisa berpatroli menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai yang jauh lebih hemat dari pada kendaraan berbahan bakar minyak.

Menurut dia, penggunaan kendaraan listrik tersebut sebagai implementasi dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Penggunaan kendaraan listrik ini untuk mendukungnya operasional patroli Satlantas Polres Mabar sekaligus menjadi pelopor penggunaan kendaraan listrik di Labuan Bajo serta mendorong transisi energi ramah lingkungan bagi keberlanjutan ekosistem dunia," pungkasnya.**#