Karo Rena Polda Polda NTT Gedung Polres Mabar akan Digusur

Karo Rena Polda Polda NTT Gedung Polres Mabar  akan Digusur

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo, Kepala Biro Perencanaan (Karo Rena) Polda NTT Kombes Pol R. Dadik Junaedi Supri Hartono menyampaikan akan perjuangkan  setiap usulan dari Bagian Perencanaan (Bagren) Polres Manggarai Barat (Mabar), ke Asrena Mabes Polri. Salah satunya membangun gedung Polres Mabar yang 
Baru.

Hal tersebut disampaikan dihadapan Wakapolres Mabar Kompol Eliana Papote, S.I.K., M.M dan  seluruh pejabat utama Polres Mabar dan anggota Rorena Polda NTT saat mengikuti Supervisi Bidang Perencanaan Dan Anggaran Polda NTT di ruangan Vicon Polres Mabar,  Kamis (17/2/2022) pagi.

Polres Mabar dan jajarannya, dimohon untuk segera memastikan tempat untuk pembangunan gedung Polres Mabar yang baru, karena kita ketahui bersama Kabupaten Mabar sebagai salah satu tempat pariwisata super prioritas, sehingga perlu fasilitas utama dan pendukung harus ditingkatkan.

“Perlu dipastikan tempat pembangunan Gedung mako Polres yang baru merupakan aset Polri atau Negara,” tegas Kombespol Dadik.

Selain pembangunan mako Polres Mabar  yang baru, pada tahun 2022  akan dibangun 4 unit rumah bagi Polsek yang berada di wilayah Hukum Polres Mabar. 

Lanjut ditambahkannya, kewenangan  dari Biro Rena  yakni monitoring dan evaluasi terhadap penyerapan anggaran yang dilakukan oleh setiap Polres di Wilkum Polda NTT.

"Tugas kita hanya memonitoring  dan mengevaluasi penyerapan anggaran, dan bukan sebagai penegak hukum atas penyerapan anggaran", ujarnya.

Perlu diketahui juga bahwa  di awal Tahun 2022, untuk setiap kementrian lembaga diblokir anggaran sebesar 5 persen untuk penanganan  pandemi Covid-19, apabila angka lonjakan pandemi turun maka dana tersebut akan dikembalikan kepada lembaga tersebut, kata Karo Rena Polda NTT.


Kombes Polisi Dadik mengatakan, terkait proses Refucosing pada tahun ini ada perbedaan antara tahun sebelumnya yang mana tidak mencapai target, untuk itu Kemenkeu akan memotong langsung atau memangkas anggaran tersebut.

“Pada tahun ini penyerapan anggaran akan diawasi langsung oleh Kementrian keuangan (Kemenkeu), tidak lagi melalui Biro Reno,” tambahnya.
 
Patut diberikan apresiasi kepada Polres Mabar dana jajarannya terkait dengan penyerapan Anggaran sebesar 93,75 persen pada tahun 2021.

“Penyerapan anggaran sudah baik untuk itu perlu diperhatikan lagi pada tahun ini mengenai penggunaan anggarannya,” tandasnya.

Diharapkan Kapolres dan Wakapolres selalu melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) Anggaran setiap bulan untuk memastikan setiap penyerapan  anggaran dari para kabag, Kasat, Kapolsek dan Kasie di Polres Mabar.


Selain itu juga Karo Rena Polda NTT mengharapkan agar Bagren Polres Mabar dapat mengusulkan anggaran ke Rena Polda NTT, untuk teruskan ke Rena Mabes Polri guna pembangunan gedung baru  Kantor Obvit Dan Kantor  Satuan Pol Airud.

Pada kesempatan yang sama Wakapolres Mabar, saat membuka acara supervisi Biro Rena Polda NTT, menyampaikan Kondisi Polres Mabar yang  berada di Kota Super premium masih  banyak kekurangan semoga  dengan adanya kegiatan supervisi yang di laksanakan oleh Biro Rena Polda NTT  diharapkan bisa membantu Polres Mabar untuk  lebih berkembang  baik menyangkut  Anggaran, Pembangunan gedung maupun Personilnya.