KAPOLRES MABAR BACAKAN AMANAT KAPOLDA NTT SAAT UPACARA GELAR PASUKAN OPS SEMANA SANTA TURANGGA-2016

KAPOLRES MABAR BACAKAN AMANAT KAPOLDA NTT SAAT UPACARA GELAR PASUKAN OPS SEMANA SANTA TURANGGA-2016

Tribratanewsmanggaraibarat.com - Kepolisian Resor Manggarai Barat (Mabar) melaksanakan upacara gelar pasukan pelaksanaan "Operasi Semana Santa Turangga 2016" dalam rangka pengamanan hari raya Paskah 2016 di wilayah hukum Polres Manggarai Barat. Jumat (18/3/16) pagi tadi.

Kegiatan tersebut dipimpin Kapolres Mabar, AKBP Dr. Supiyanto M.Si, bertempat di lapangan apel Mapolres Mabar, ditandai dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita kepada sejumlah perwakilan personel.

Hadir pada saat Upacara Gelar Pasukan Operasi Semana Santa Turangga 2016, yakni seluruh Pejabat Polres Mabar, Forkompinda Kab Mabar, Perwakilan dari Pemerintah Kab. Mabar, Kasat POLPP Kab. Mabar, Camat Komodo, Lurah Labuan Bajo, Lurah Wae Kelambu, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda, peserta apel dari Personil TNI (AD/AL), Personil Polres Mabar, Personil Dishub Kab. Mabar, Personil POL PP Kab. Mabar, Dan Personil Basarnas Mabar.

Amanat Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur yang dibacakan oleh Kapolres MabarAKBP Dr. Supiyanto, M. Si, Pada Upacara Gelar Pasukan menyatakan, Istilah semana Santa Berasal dari Bahasa Portugis yang berarti Pekan suci bagi Umat Kristiani, Pekan Suci merupakan rangkaian acara perayaan Liturgi mengenag sengsara dan Wafat serta kebangkitan Yesus Kristus pada hari raya Paksah. Rangkaian kegiatan umat Kristiani merupakan Icon dari Wilayah NTT karena ditempat lain tidak semeriah di NTT oleh karena itu kita sebagai Anggota POLRI Aparatur Negara yang bertanggung jawab terhadap keamanan dalam Negara serta Pelindung, Pengayom dan Pelayanan Masyarakat harus mampu memberikan pelayanan sebaik - baiknya dan jangan sampai dada gangguan sekecil apapun bentuknya sehingga umat yang melaksanakan Ibadah merasa dan Nyaman.

Saat ini kita ketahui bersama bahwa Dunia mengalami ancaman Disintegrasi sosial dimana teror yang dilakukan oleh Kelompok ISIS seperti yang terjadi di Jakarta Baru - Baru ini kita Waspadai bersama. Sehingga patut kita waspadai bersama.

Guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif & menjamin masyarakat untuk dapat merayakan hari raya paskah dengan aman & meminimalisir ancaman & gangguan yang mungkin timbul Sebelum, Pada Saat & Pasca perayaan Paskah 2016 di Wilayah Hukum Polda NTT maka Polda NTT menggelar operasi Kepolisian dengan bentuk pengamanan kegiatan bersifat terbuka dengan Sandi Semana Santa Turangga 2016 yang dilaksanakan selama 15 Hari mulai tanggal 18 Maret 2016 s/d 1 April 2016 di seluruh wilayah NTT dengan sasaran seluruh potensi gangguan, Ambang Gangguan & Gangguan Nyata Sebelum, Pada saat & Pasca hari Paskah.

Guna mengoptimalkan kinerja satuan fungsi kepolisian yang terlibat dalam pelaksanaan operasi semana santa turangga 2016 agar tujuan operasi terjamin keamanan & kenyamanan masyarakat NTT maka dibentuk satuan tugas operasi atau Satgasops yang terdiri dari 6 satuan tugas yakni :

1.Satgas I / Deteksi terdiri dari Subsatgas Intelkam & Subsatgas Binmas 2.Satgas II / Preventif terdiri dari Subsatgas Sabhara, Subsatgas Lantas & Subsatgas PAM Obvit. 3.Satgas III / Tindak terdiri dari Sat Brimob Polda NTT. 4.Satgas IV / Gakkum terdiri dari Subsatgas Reskrim, Subsatgas ResNarkoba. 5.Satgas V Ditpolair. 6.Satgas VI / Bantuan terdiri dari Subsatgas Sarpras, Subsatgas Humas, Subsatgas Propam , Subsatgs TI & Subsatgas Dokkes.

Demikian amanat Kapolda NTT yang dibacakan saat gelar pasukan tersebut.

Terkai pelaksanaan Operasi Semana Santa Turangga 2016 yang berlangsung sejak tangal 18 maret 2016 - 1 April 2016, Polres Mabar menurunkan kurang lebih 50 personel yang merupakan gabungan dari berbagai fungsi tugas kepolisian Polres Mabar.Puluhan personel tersebut akan ditempatkan diberbagai tempat seperti gereja, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat strategis lainnya baik menjelang, saat maupun setelah perayaan Paskah. [oryfes26-Humas polres Mabar] IMG_9876 IMG_9887 20160318_082045 20160318_081721 IMG_9909 20160318_081413