Rekayasa Lalu Lintas Selama KTT ASEAN Berakhir, Kapolres Mabar : Terima Kasih Atas Dukungan Masyarakat

Rekayasa Lalu Lintas Selama KTT ASEAN Berakhir, Kapolres Mabar : Terima Kasih Atas Dukungan Masyarakat

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo, Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai Barat mengakhiri rekayasa lalu lintas disejumlah ruas jalan yang ada di Kota Labuan Bajo setelah berakhirnya pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN Tahun 2023.

Kasat Lantas Polres Mabar, IPTU Royke Weridity mengumumkan rekayasa lalu lintas yang diterapkan disepanjang Jalan Soekarno-Hatta yang dimulai dari Patung Komodo BRI, Puncak Waringin, Kampung Ujung dan Simpang Pede sudah dicabut.

Kondisi lalu lintas di Jalan Soekarno-Hatta atas dan bawah pada Jumat (12/05) pukul 15.00 Wita telah kembali seperti biasa.

"Pada saat ini seluruh rekayasa lalu lintas, baik one way maupun contraflow telah diakhiri dan lalu lintas berjalan normal dari Patung Komodo BRI ke Kampung Ujung, dan Kampung Ujung ke Simpang Pede," jelas IPTU Royke, Jumat (12/05/2023) siang.

Selain itu, Satlantas Polres Mabar tetap memberikan imbauan kepada pemilik kendaraan untuk tidak memarkir kendaraannya dibahu jalan sehingga tidak menimbulkan kemacetan ataupun kecelakaan.

"Kita juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak memarkir kendaraan dibahu jalan, karena akan mengakibatkan kemacetan dan bisa juga terjadi kecelakaan. Parkir sembarangan juga akan dinilai negatif oleh para wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo, apalagi Kota ini sudah ditetapkan sebagai kawasan pariwisata super premium," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi aktif masyarakat selama pelaksanaan KTT Ke-42 ASEAN Tahun 2023. Menurut dia, peran aktif masyarakat membuat sukses pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo.

"Sebagai indikator bahwa suksesnya operasi ini juga adalah karena peran serta seluruh masyarakat Manggarai Barat yang terus memberikan dukungan kepada kami selama melayani kegiatan operasi ini," ujarnya.

Menurut Alumni Akpol angkatan 2004 itu, selama operasi ini, pihaknya berupaya bekerja maksimal. Selain itu, Polri akan terus melakukan evaluasi jika ada hal yang kurang terkait pelaksanaan pengamanan KTT ASEAN ini.

"Alhamdulillah seluruhnya bisa kita selesaikan dengan baik. Tentunya masih ada catatan-catatan yang akan kita jadikan bahan evaluasi ke depan," tuturnya.

Sebelumnya Satlantas Polres Mabar memberlakukan rekayasa lalu lintas terhadap sejumlah kendaraan yang beroperasi di Labuan Bajo.

Hal itu dilakukan dalam rangka memberi kelancaran mobilisasi bagi para kepala negara dan delegasi negara anggota ASEAN pada saat pergelaran KTT Ke-42 ASEAN Tahun 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT pada 9-11 Mei 2023 kemarin.**#