Upaya Cooling System, Polisi Silaturahmi Hingga Bagikan Sarana Kontak Ditempat Ibadah

Upaya Cooling System, Polisi Silaturahmi Hingga Bagikan Sarana Kontak Ditempat Ibadah

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Dalam rangka menambah kedekatan Polri dengan masyarakat, maka diperlukan adanya komunikasi dan silaturahmi di antara keduanya.

Demikian seperti yang dilakukan oleh rombongan Polres Manggarai Barat yang dipimpin KBO Sat Binmas, IPDA Komang Arya Bayuna dengan melakukan kunjungan ke beberapa tempat ibadah di wilayahnya, Kamis (19/10/2023) siang.

''Silaturahmi ke tempat ibadah dan umat beragama ini kami lakukan untuk memupuk semangat kebersamaan, persatuan dan kebhinekaan di Bumi Komodo,'' kata Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melalui KBO Sat Binmas, IPDA Komang Arya Bayuna.

Menurutnya, masyarakat Manggarai Barat memiliki keragaman budaya hingga agama. Hal ini perlu dijaga dan dikuatkan dengan toleransi.

"Silaturahmi yang dilakukan adalah upaya membangun komunikasi dengan semua pemeluk agama di Manggarai Barat khususnya di Kota Pariwisata Super Premium Labuan Bajo agar selalu terjadi kerukunan," ungkapnya.

Dalam kunjungan tersebut, petugas kepolisian juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, antara lain agar membantu Polri dalam menjaga dan memelihara kamtibmas yang tetap kondusif jelang pemilu damai 2024.

"Selain sebagai bentuk silaturahmi, kegiatan ini juga merupakan upaya Cooling System untuk mencegah terjadinya potensi konflik sosial seperti isu-isu provokatif berlatar belakang sara menjelang Pemilu 2024," tutur Mantan Kasubbag Logistik Polres Mabar itu.

Selain itu, IPDA Komang meminta agar upaya Cooling System mendapat dukungan dari para tokoh dan masyarakat Manggarai Barat untuk menghindari hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa.

"Para tokoh agama dan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya Cooling System di tengah-tengah masyarakat, sehingga kita bisa mewujudkan pemilu yang aman dan damai," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, rombongan Satuan Binmas Polres Manggarai Barat juga memberikan alat-alat kebersihan untuk operasional di beberapa tempat ibadah yang dikunjungi. 

"Sebagai sarana kontak, kami juga memberikan alat-alat kebersihan untuk Masjid, Pura, dan Gereja. Adapun yang kami berikan berupa sapu ijuk, sapu lidi, dan ember," pungkasnya.**#