Sukseskan KTT Ke-42 ASEAN, Pembangunan Mako Baru Polres Mabar Segera Dirampungkan

Sukseskan KTT Ke-42 ASEAN, Pembangunan Mako Baru Polres Mabar Segera Dirampungkan

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera merampungkan pembangunan Markas Komando (Mako) Polres Manggarai Barat dalam rangka mendukung keamanan KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT pada 9-11 Mei 2023.

"Pembangunan mako polres tersebut dilakukan dalam rangka mendukung fasilitas keamanan dan keselamatan serta peningkatan kualitas bangunan pada lokasi inti penyelenggaraan sidang KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti dalam keterangannya di Jakarta, Senin (08/05/2023).

Diana menambahkan pekerjaan pembangunan Mako Polres Manggarai Barat dilakukan sejak Februari 2023 dan diharapkan segera rampung tepat waktu dan tepat mutu.

Pekerjaan dilaksanakan PT Brantas Abipraya (Persero) selaku kontraktor pelaksana dan PT Yodya Karya selaku manajemen konstruksi.

Dengan lingkup kegiatan meliputi pembangunan kantor Mako Polres Satuan Polisi Perairan, Satuan Pengamanan Objek Vital, dan Satuan Narkotika dan Obat Berbahaya serta Penataan Lanskap.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam kunjungan kerjanya untuk meninjau kesiapan infrastruktur pendukung KTT ASEAN, mengimbau kontraktor memperhatikan kerapian saat menyelesaikan pekerjaan di Mako Polres Manggarai Barat.

Basuki juga mengatakan semua fasilitas dan infrastruktur untuk mendukung pelaksanaan gelaran ASEAN Summit dalam kondisi siap.

Kementerian PUPR melakukan pekerjaan infrastruktur dan fasilitas penunjang KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo dan Tana Mori.

Pekerjaan dilakukan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTT Direktorat Jenderal Cipta Karya dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTT Direktorat Jenderal Bina Marga.

Terpisah, Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. berterima kasih kepada seluruh pihak yang terkait khususnya Kementerian PUPR dalam hal pembangunan Mako untuk tiga satuan di Polres Manggarai Barat. Menurutnya, progres pembangunan tersebut sudah sesuai dengan rencana dalam proses pembangunan yang dimulai sejak Februari 2023 itu, Rabu (10/05/2023) pagi.

Orang nomor satu di Polres Manggarai Barat ini pun berharap Gedung Mako baru untuk Sat Polairud, Sat Pam Obvit dan Sat Resnarkoba ini dapat selesai sesuai target yang telah ditentukan sehingga dapat segera digunakan untuk menjaga keamanan, ketertiban dan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dirinya pun menambahkan, pembangunan Mako baru telah berjalan sesuai dengan rencana, dan sesuai dengan target, bahkan tidak ada masalah dan tidak ada yang menjadi kendala utama selain faktor cuaca hujan.

"Kami mohon doa restu agar pembangunan dapat selesai tepat pada waktunya walau terkendala cuaca hujan," ujar Alumni Akpol angkatan 2004 itu.**#