Polres Mabar Melaksanakan Pengamanan Rangkaian Ritual Adat 'Congko Dara Ta'a' Di Manjarite

Polres Mabar Melaksanakan Pengamanan Rangkaian Ritual Adat 'Congko Dara Ta'a' Di Manjarite

IMG_1742-01 IMG_1714-01 IMG_1765 IMG_1779-01 FB_IMG_1484920358872-01 Tribratanewsmanggaraibarat.com – Personel Kepolisian Resor Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, melaksanakan pengamanan jalannya prosesi ritual adat ‘Congko Dara Ta'a’ (tradisi adat manggarai) oleh keluarga korban tragedi pembunuhan permasalahan sengketa lahan yang digelar di tempat kejadian perkara (TKP), Manjarite Desa Tanjung Boleng, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (20/1/2017) pukul 14.00 Wita.

Kegiatan tersebut mendapat pengamanan dan pengawalan ketat dari Personel Polres Mabar dan Polres Manggarai yang dipimpin langsung oleh Kapolres Mabar, AKBP Dr. Supiyanto, M.Si.

Pelaksanaan ritual adat yang dilakukan oleh tua-tua adat dan keluarga dari kedua korban yang berasal dari kampung Kusu, Desa Ponglao, Kec. Rutengn, kab. Manggarai ini mengandung maksud agar arwah kedua korban tenang dan kembali ke kampung halamannya, yang mana biasa disebut orang manggarai dengan 'Congko Dara Ta'a'.

Rangkaian upacara adat ini berjalan dengan aman dan lancar meski medan yang ditempuh, menanjak dan berlumpur maupun menguras fisik dan mental untuk sampai di tempat digelarnya prosesi adat tersebut namun rombongan keluarga korban serta personel pengamanan tiba dan dapat melaksanakan prosesi ritual adat dengan aman dan lancar.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Perwakilan dari pemerintah kabupaten Mabar, TNI, Pol.PP Kab. Mabar, Kesbangpol Kab.Mabar serta awak media. Sedangkan rombongan dari kedua korban yang melaksanakan ritual adat sebanyak kurang lebih 30 orang. [ory26]