Dialog Tatap Muka Kapolres Mabar Bersama Para Pelaku Usaha di Mabar

Dialog Tatap Muka Kapolres Mabar Bersama Para Pelaku Usaha di Mabar

Tribratanewsmanggaraibarat.com - Polri sebagai Pelindung, Pengayomi dan Pelayan masyarakat dalam rangka mewujudkan kamtibmas yang aman dan tertib sudah menjadi kewajiban dimanapun anggota Polri berada salah satunya yakni, peran Polri khususnya Kepolisian Resor Manggarai Barat (Polres Mabar) dalam mewujudkan Kabupaten Manggarai Barat Sebagai Destinasi Pariwisata yang Aman dan Nyaman.

Menyikapi hal itu, Polres Mabar menggelar dialog bersama para pelaku pariwisata yang ada di Labuan Bajo dan instansi terkait serta elemen masyarakat lainnya. Dialog tersebut digelar di aula Mapolres Mabar, Selasa lalu (26/6/2018).

Dalam dialog itu, dipandu oleh Ketua GENPI Mabar Rudi Zainuddin dan hadir sebagai narasumber diantaranya, Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula dan Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono, S.IK., M.Si.

Bupati Manggrai Barat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dimotori oleh Polres Mabar yang mana mampu merespon isu yang berkembang dengan hal positif.

Pada kesempatan itu, Bupati Manggarai Barat mengajak agar bersama - sama membantu memelihara keamanan demi terlaksananya kehidupan yang nyaman di Mabar dimana Labuan Bajo merupakan salah satu prioritas pariwisata nasional dan menjadi salah satu pusat pembanggunan yang ada di NTT.

Sementra itu, Kapolres Manggarai Barat berkesempatan memapaparkan hal-hal terkait kerawanan yang ada di Mabar terutama di ruang lingkup pariwisata dan kewenangan Polri dalam hal keamanan daerah serta menjabarkan peran Polri di lingkup masyarakat luas.

Selain lingkup pariwisata, yakni program Polisi dukung penguatan kepariwisataan, Kapolres juga mengenalkan beberapa program prioritas Polres Mabar lainnya yang telah digagasnya dan telah dilakukan diantaranya, program Polisi perkuat desa, program Polisi peduli keamanan, keselamatan dan kelestarian lingkungan laut, program Polisi peduli sekolah, program Polisi peduli keluarga, program pembinaan rohani dan mental anggota Polri dan program penyusunan database kriminal terintegrasi Polres Mabar.

Terkait Program Polisi dukung penguatan kepariwisataaan, Kapolres Manggarai Barat menyampaiakan 7 langkah mengantisipasi persoalan pariwisata khususnya di bidang keamanan yakni :

-Mendorong penyusunan SOP selam wisata yg disesuaikan dengan kondisi alam perairan mabar merujuk pada permen pariwisata;

-Melakukan pemeriksaan alat keselamatan dan keamanan kapal-kapal wisata dan mendorong pembenahan melalui pengukuran ulang serta pendataan kapal di manggarai Barat;

-Melakukan pelaporan keberadaan WNA yg menginap di Labuan Bajo kepada Polres oleh biro travel, pemilik penginapan dan hotel;

-Meminta biro travel, pemilik hotel, dan penginapan untuk menggunakan jasa pemandu wisata yang bisa dipertanggungjawabkan kredibilitas dan kapabilitasnya;

-Memberikan kemudahan informasi kepada pihak keamanan dalam hal ini kepolisian;

-Meminta jasa rental kendaraan untuk selektif menyewakan kendaraannya serta melaporkan kepada kepolisian jumlah dan jenis kendaraan utk antisipasi digunakan sebagai sarana melakukan kejahatan;

-Melakukan edukasi kepada wisatawan asing utk senantiasa mentaati aturan UU dan menghormati budaya setempat;

-Bekerjasama untuk menempatkan informasi kepolisian di hotel atau penginapan;

-Mendorong pemasangan CCTV di hotel, penginapan, dan restoran untuk memudahkan pengawasan;

-Melatihkan para petugas pengamanan yang ada di hotel, penginapan dan restoran serta

-Bekerjasama melakukan pemeriksaan turis dari kapal pesiar sambil menunggu fasilitas keamanan terpenuhi.

Sebelum ditutup kegiatan itu, Kapolres Mabar menyampaikan bahwa, akan mengajukan penambahan satuan Polisi Pariwisata di Polres Mabar guna ditempatkan di obyek wisata yang ada di wilayah Manggarai Barat.

"Kami akan menyiapkan pengajuan penambahan satuan Polisi Pariwisata untuk berada di Polres Mabar dan ditempatkan di situs-situs pariwisata", uangkapnya.

Polres Mabar berupaya melakukan pemeliharaan Kamtibmas menyasar aspek hulu, khususnya di aspek tata aturan dan tata laksana yang strategis secara komprehensif dalam menyelesaikan masalah kemanan dengan harapan dengan terbangunnya keteraturan dan ketertiban yang bermuara dari aspek aturan hukum khususnya di bidang pariwisata akan membantu Polri khususnya Polres Mabar dalam menegakkan aturan-aturan tersebut jika ditemukan pelanggaran dalam kegiatan Kepariwisataan.

"Kami mengharapkan melalui pertemuan ini lahir harmonisasi upaya untuk menjamin keamanan dan kenyamanan di wilayah Manggarai Barat, selanjutnya akan kita laksanakan kegiatan-keguatan diskusi lebih teknis, mungkin berupa Focus Group Discussion dan akan kami inisiasikan untuk dibuatkan produk-produk yang dapat ditindaklanjuti oleh semua pihak sebagai sebuah standar untuk diikuti", harap Kapolres.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari audiens karena menjadi wadah untuk mendiskusikan hal positif dan membangun demi Mabar yang aman dan damai.