Naik Pangkat, 20 Anggota Polri di Labuan Bajo Mandi Kembang dan Disiram AWC

Naik Pangkat, 20 Anggota Polri di Labuan Bajo Mandi Kembang dan Disiram AWC

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Perasaan bahagia tidak bisa disembunyikan dari puluhan anggota Polri di Manggarai Barat yang naik pangkat periode 1 Juli 2024, bertempat di lapangan apel Mapolres setempat, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Selasa (02/07/2024) kemarin.

Wajar, kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi itu merupakan penantian yang panjang. Bahkan ada di antaranya yang menanti sampai enam tahun.

Selain mendapat ucapan selamat, mereka juga disiram menggunakan Armoured Water Cannon (AWC). Itulah bentuk selebrasinya.

Namun sebelumnya, Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. bersama istri lebih dulu menggelar tradisi siraman air kembang (mandi kembang).

Tradisi penyiraman air kembang itu melambangkan rasa syukur, penghormatan sekaligus pemberkatan. Kegiatan ini menunjukkan solidaritas dan kekompakan di antara anggota Polri.

AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M mengatakan, kenaikan pangkat bagi anggota Polri yang bertugas di Manggarai Barat tersebut berdasarkan Keputusan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) tanggal 28 Juni 2024.

"Kenaikan pangkat ini bukan suatu hal yang wajib diterima, melainkan bentuk penghargaan terhadap kerja keras anggota yang telah bertugas dengan baik dalam pengabdiannya kepada institusi Polri, masyarakat, bangsa dan negara. Sehingga layak untuk mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi," kata Kapolres Mabar, Rabu (03/07/2024) siang.

"Disamping itu, kenaikan pangkat tidak diberikan bagi anggota yang sedang menjalani punishment akibat pelanggaran yang dilakukan didalam kedinasan," tambahnya. 

Dimana, sebanyak 20 anggota Polri yang naik pangkat itu terdiri dari 16 anggota Polres Manggarai Barat, tiga anggota Sat Brimob Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo dan satu anggota Sat Polairud Polda NTT.

"Tiga orang dari Aipda menjadi Aiptu, satu orang Bripka ke Aipda, tiga orang Brigpol ke Bripka, dua orang Briptu ke Brigpol dan 11 orang Bripda ke Briptu," jelas Ajun komisaris besar polisi itu.

Mantan Kapolres Alor itu juga berpesan kepada mereka yang mendapatkan kenaikan pangkat untuk tidak terlena. Dia meminta mereka untuk senantiasa meningkatkan kinerja sebagai anggota Polri.

"Semakin kita tinggi Pangkat, kita harus semakin profesional. Kita patut bersyukur dan menjaga amanah tersebut dengan sebaik-baiknya," ungkapnya.

Para personel juga didorong untuk terus memperbaharui pengetahuan, agar kualitas diri sejalan dengan pangkat yang disandang.

"Kenaikan pangkat ini hendaknya menjadi bahan evaluasi, mawas diri, serta mempertanggungjawabkan pangkat baru dengan kinerja yang lebih baik," tutur Alumni Akpol angkatan 2004 itu.

Perwira menengah itu juga menyampaikan terima kasih kepada keluarga dari para anggota yang naik pangkat, karena telah memberikan dukungan dan pengorbanan dalam mendukung tugas-tugas yang mereka emban.

"Saya berterima kasih kepada para orang tua, istri dan keluarga anggota mengingat apa yang diraih saat ini tidak terlepas dari dukungan mereka, karena tanpa keluarga belum tentu kita akan mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalan pelaksanaan tugas," pungkasnya.**#