Mantap, Polres Manggarai Barat Mulai Lakukan Program Sidik Jari Gratis Di Sekolah Tingkat SLTA

Mantap, Polres Manggarai Barat Mulai Lakukan Program Sidik Jari Gratis Di Sekolah Tingkat SLTA

Tribratanewsmanggaraibarat.com- Sebanyak 300 lebih siswa kelas 3 SMA Negeri 1 Komodo diambil sidik jarinya oleh Tim Inafis Polres Manggarai Barat (Mabar) Kamis, (22/11/18) Kemarin.

Pengambilan sidik jari ini merupakan tindak lanjut dari Program Polisi Peduli Pendidikan yang dicanangkan oleh Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumowardono, SIK, M.Si.

Sebelumnya, seperti dikutip dari tribratanewsmanggaraibarat.com , Kapolres Mabar mengatakan sidik jari gratis ini sebagai upaya menekan tingkat kenakalan remaja yang melanggar hukum serta memudahkan pengurusan SKCK menghadapi lulusan sekolah.

“Dengan identifikasi sidik jari, kami ingin menekankan kepada para pelajar untuk tak melakukan tindakan negatif atau melanggar hukum karena sudah terdata dan terkontrol. Nantinya ini juga memudahkan bagi para pelajar dalam pembuatan SKCK yang mensyaratkan sidik jari” tegas Kapolres Mabar dalam Rapat Koordinasi Program Peduli Pendidikan Senin, (19/11/18) Lalu.

Senada dengan Kapolres, Kaur identifikasi Polres Mabar Purnomo menjelaskan melalui pola dari hasil sidik jari ini pihaknya bisa mengetahui dan karakter dasar para pelajar.

Tak hanya itu, hasil dari pengambilan sidik jari tersebut akan terintegrasi langsung dengan Sistem Database Mabes Polri. Dan bisa dipakai untuk kebutuhan proses penyidikan.

“Jadi melalui pembacaan rumus sidik jari ini, pihak kepolisian bisa dengan mudah menelusuri identitas dari pemilik sidik jari tersebut bila suatu saat terjadi perbuatan melanggar hukum” jelas Purnomo saat di SMAN 1 Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Kamis (22/11/12) Kemarin.

Pelaksanaan sidik jari ini tergolong sangat mudah, dengan mengisi formulir identitas yang telah disediakan Tim Inafis selanjutnya satu per satu sidik jari siswa dipindai dalam kertas oleh Petugas Inafis.

Terpantau Humas Polres Mabar, pelaksanaan sidik jari perdana ini mendapat antusiasime luar biasa dari para siswa-siswi SMAN 1 Komodo.

Selain SMA Negeri 1 Komodo sebagai pembuka , program sidik jari bagi siswa kelas 3 SMA ini akan dilaksanakan di Seluruh SMA Sederajat di Manggarai Barat. Setidaknya ada 39 sekolah yang akan didatangi secara bergiliran.