Polres Manggarai Barat Terima Kunjungan Kerja Kedutaan Besar Perancis Untuk Indonesia

Polres Manggarai Barat Terima Kunjungan Kerja Kedutaan Besar Perancis Untuk Indonesia

Tribratanewsmanggaraibarat.com -Kapolres Manggarai Barat (Mabar) menerima kunjungan kerja Sekretaris I Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia, Marie-Noelle Jeanne Lucienne Guillaume Ep. Duris di Mako Polres Manggarai Barat. Senin, (29/10/18) Siang.

Dalam pertemuan tersebut, Marie menyampaikan bahwa kedatangannya bertujuan untuk mengunjungi warga negaranya yang terlibat kasus hukum dan berkonsultasi terkait penanganan kasus yang menimpa warga negara Perancis di wilayah Flores.

Adapun kasus tersebut adalah kasus narkoba oleh terpidana Luka pada 30 Mei 2018 silam dan mendapat vonis 9 tahun penjara serta kasus pemerkosaan yang menimpa ML pada 13 Juni 2018 lalu.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowardono. S.I.K, M.Si menyampaikan bahwa Polres Manggarai Barat siap menfasilitasi serta membantu pihak Kedutaan Perancis dalam melaksanakan koordinasi dan komunikasi dengan pihak atau instansi lain di wilayah Kabupaten Manggarai Barat dan sekitarnya bila diperlukan.

Lebih lanjut, kepada Sekretaris I Kedutaan Besar Perancis, Kapolres menyampaikan, dalam penanganan kasus-kasus tertentu dibutuhkan keterangan ahli agar dapat membuat proses hukum menjadi lebih efektif terlebih terhadap kasus kekerasan seksual.

“Apabila ada warga Perancis yang menjadi korban kekerasan seksual agar sesegera mungkin menghubungi kepolisian setempat untuk memudahkan mendapat visum dokter dan pendampingan konseling." Lanjut kapolres

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres turut mengenalkan aplikasi Komodo Police Online yang belum lama ini telah di launching dan tersedia di playstore.

“Aplikasi ini bertujuan dan kegunaannya untuk mengetahui keberadaan seseorang yang membutuhkan bantuan serta memberikan informasi terkait dengan lokasi hotel, perkantoran, tempat ibadah, lokasi wisata, ATM, dan lokasi lainnya, termasuk kantor polisi,” terang kapolres kepada Sekretaris I Kedutaan Perancis

Di akhir pertemuan, Marie mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungan yang diberikan pihak polres kepada dirinya selama berada di Labuan Bajo. Serta akan menginformasikan aplikasi ini kepada warganya dan kedutaan negara-negara Eropa di Jakarta.

Usai pertemuan, dalam rencananya Selasa, (30/10/18) Pagi, Sekretaris I Kedutaan Perancis tersebut juga akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Manggarai untuk bertemu dengan Kepala Lapas Ruteng. Dan pada Rabu (31/10/18) akan dilanjutkan agenda pertemuan dengan Dinas Imigrasi di Labuan Bajo, sebelum akhirnya bertolak ke Jakarta.