Jelang Pemilu 2024, Kapolres Mabar Ingatkan Anggota Polri Jaga Netralitas

Jelang Pemilu 2024, Kapolres Mabar Ingatkan Anggota Polri Jaga Netralitas

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepala Kepolisian (Kapolres) Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melepas 450 personel pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di wilayah itu. Ia mengingatkan seluruh anggota yang terlibat untuk menjaga netralitas. 

Apel pelepasan berlangsung di halaman Markas Komando Polres Manggarai Barat pada Senin (12/02/2024) pagi.

"Kami Polri menjamin netralitas dalam proses Pemilu, apabila kedapatan (anggota tidak netral) tentunya ada sanksi yang menunggu, apa itu laporan dari Bawaslu atau temuan lain, kita pasti akomodir," tegas AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. 

Dalam kesempatan itu, Kapolres Mabar juga mengingatkan seluruh pasukan untuk memperkuat sinergitas antara TNI, Polri, Pemerintah dan masyarakat setempat. 

Mantan Kapolres Alor itu menilai sinergitas tersebut adalah kunci utama untuk mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas mereka dalam pengamanan TPS. 

Ia juga memberi arahan soal pentingnya mengidentifikasi, menemukan dan menangani hingga proses menetralisir potensi kerawanan yang ada. Langkah ini agar tidak berkembang dan mengganggu penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2024.

"Harus berkolaborasi dengan baik menghadapi setiap ancaman yang muncul. Tapi harapannya tidak ada kendala dalam proses Pemilu di Manggarai Barat, semuanya berjalan aman dan lancar," ungkapnya.

Adapun pengamanan akan dilakukan pada 900 TPS. Personel yang diterjunkan terdiri dari 350 personel Polres Mabar ditambah 100 personel dari Polda NTT. 

Kapolres Ari berharap setiap personel mempersiapkan diri baik secara mental maupun perlengkapan kebutuhan pribadi. 

"Mengingat cuaca juga cukup ekstrim, kita harus antisipasi kemungkinan terburuk agar jaga kesehatan. Jangan lupa bawa multivitamin, jas hujan, senter dan perlengkapan lainnya," imbuhnya.**#