Jelang KTT Asean Summith 2023, Sat Samapta Polres Mabar Gelar Latihan Dalmas

Jelang KTT Asean Summith 2023, Sat Samapta Polres Mabar Gelar Latihan Dalmas

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Demi menjaga keamanan kegiatan KTT Asean Summith 2023 nanti, Satuan Samapta Polres Manggarai Barat terus meningkatkan kemampuan personil Samapta dengan rutin melaksanakan latihan Dalmas.

Diketahui, latihan rutinitas ini untuk antisipasi dalam menghadapi aksi unjuk rasa, personil Dalmas sebagai pengendali masa yang bergerak dalam ikatan kesatuan untuk mencegah masa masuk suatu lokasi tertentu atau objek vital, perlu diberikan latihan secara rutin dan secara berkala, Rabu (08/03/2023) pagi.

Kegiatan latihan Dalmas yang digelar di halaman apel Mapolres Manggarai Barat ini dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Mabar, IPTU Lukas Bao Lile.

IPTU Lukas Bao Lile mengatakan, kegiatan ini dalam rangka untuk mendukung dan mensukseskan event Internasional (Konferensi Tingkat Tinggi Asean Summith 2023) yang akan berlangsung di Golo Mori Labuan Bajo pada bulan Mei 2023 nanti, dan untuk meningkatkan kesiapsiagaan Personil dalam giat pengamanannya.

"Kegiatan Dalmas ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan personil samapta terkait dengan penanganan aksi unjuk rasa yang terjadi di wilayah Kabupaten Manggarai Barat dan juga persiapan menyongsong kegiatan KTT Asean Summith 2023 yang akan berlangsung di Labuan Bajo pada bulan Mei 2023 mendatang," kata Kasat Samapta.

Diakui IPTU Lukas, kegiatan ini juga sebagai rutinitas Polres Manggarai Barat untuk menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan tentram.

"Inilah salah satu cara Polres Mabar menjaga dan memelihara keamanan ketertiban masyarakat khususnya terhadap aksi penyampaian aspirasi di depan umum," tuturnya.

Lanjut Kasat Samapta, dengan adanya pelatihan ini tentu akan semakin kuat daya ingat bagi para personil Satuan Samapta, sehingga pada saat bertugas personil dalam keadaan siap siaga.

"Yang pertama kita harus menjaga fisik supaya tetap bugar dan sehat, kemudian perlu peningkatan kemampuan dan kesadaran disiplin dalam ikatan Regu, Peleton dan Kompi, serta yang paling penting memiliki kemampuan khusus sesuai dengan peran dan fungsi Dalmas," ucap IPTU Lukas Bao Lile

"Latihan ini juga sebagai cara agar personel dapat mengingat kembali ilmu yang didapat selama pendidikan sehingga semua personil Samapta yang bertugas di lapangan selalu siap dan mampu menghadapi semua tantangan dalam bentuk apapun," tutupnya.**#