TNI-Polri Lakukan Pengawalan dan Pengamanan Vaksin Covid-19 di Labuan Bajo

TNI-Polri Lakukan Pengawalan dan Pengamanan Vaksin Covid-19 di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Pihak Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat, melakukan pengawalan dan pengamanan pendistribusian vaksin Covid-19 jenis Sinovac dari Kota Kupang ibu kota Propinsi NTT menuju ke Labuan Bajo ibu kota Kabupaten Manggarai Barat.

Pengiriman vaksin Covid-19 (Sinovac) dengan armada PT. Pos dan Giro Indonesia dan menggunakan maskapai Wings Air dari Bandara Internasional El Tari Kupang menuju Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo.

Kabag Ops AKP Roberth M. Bolle menyebutkan bahwa pengawalan dan pengamanan yang dilakukan ini sesuai dengan perintah Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melalui Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., bahwa seluruh jajaran Polda dan Polres wajib melakukan pengawalan dan pengamanan vaksin tersebut sampai selamat ke tempat tujuan.

“Pengawalan dan pengamanan ini sesuai dengan perintah Bapak Presiden RI melalui Kapolri agar vaksin Covid-19 (Sinovac) ini benar–benar sampai ke masyarakat, apalagi vaksin ini sangat dibutuhkan,” kata Kabag Ops.

Dikatakan AKP Roberth M. Bolle bahwa pengawalan untuk tahap pertama ini dilakukan mulai dari penjemputan vaksin di Dinas Kesehatan Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menuju Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat.

“Kita nanti akan lakukan pengawalan mulai dari Dinkes Propinsi NTT hingga di lokasi penyimpanan vaksin Sinovac, yaitu di Instalasi Farmasi Dinkes Kabupaten Manggarai Barat,” katanya.

Ditempat terpisah, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. untuk pengawalan disiapkan personel dan Randis milik Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Manggarai Barat, ditambah personel dari Sat Sabhara Polres Manggarai Barat, personil Sat Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo dan Koramil 1612-02/Komodo.

Sementara untuk pengamanan di lokasi penyimpanan, yaitu di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, personel juga akan ditempatkan secara bergiliran. Menurutnya, kegiatan ini dilakukan guna memastikan serta menjamin keamanan dan kelancaran pengiriman vaksin Covid-19 (Sinovac).

“Kami hanya memastikan bahwa pendistribusian vaksin Sinovac berjalan lancar dan aman, sampai waktu pelaksanaan vaksinasi nantinya,” jelas AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

Kapolres Manggarai Barat juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu takut untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 ini. Mengingat masih banyak rumor berita bohong atau Hoax yang beredar, salah satunya mengenai vaksin yang bisa membuat seseorang terinfeksi Covid-19 setelah disuntik.

“Vaksin sudah dinyatakan aman oleh WHO dan sesuai standard dari Kemenkes RI, jadi tidak usah takut, tidak usah ragu, mari laksanakan dengan suatu kegiatan yang enjoy saja,” ucapnya.

Perwira bunga dua ini mengingatkan kepada para penerima vaksin untuk tetap menjaga pentingnya menjaga Protokol Kesehatan, meski mereka telah divaksin.

“Protokol kesehatan wajib ditaati, meski sudah divaksin,” ujarnya.

Untuk diketahui sesuai jadwal pada 31 Januari 2021 Kabupaten Manggarai Barat menerima distribusi vaksin Covid-19 (Sinovac) tahap pertama kurang lebih sekitar 1 Box sejumlah 1.600 an vial, dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang rencananya akan diberikan kepada sasaran tenaga kesehatan dan 10 (sepuluh) orang pejabat Esensial yang ada di Kabupaten tersebut.

Selanjutnya vaksin tersebut akan di distribusikan ke rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Manggarai Barat, yang telah ditunjuk untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 (Sinovac).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Sekda Manggarai Barat Ismail Surdi, S.PKP., Kepala Loka POM Kabupaten Manggarai Barat Andi Rusmin Nuryadin,S.TP., Kabag Ops Polres Manggarai Barat AKP Roberth M. Bolle, Danki Brimob IPTU Raimundo De Jesus, S.H., Danramil 1612-02/Komodo Kapten Inf. I Nyoman Sukada, Kasat Lantas IPTU I Made Bagus Aditya Melyandika, S.T.K., M.A. dan Kasat Samapta IPTU Markus Malik. *[RS]*