Respon Keluhan Warga, Polisi Bersihkan Sampah dan Siapkan Lokasi Parkir di Pantai Pede Labuan Bajo

Respon Keluhan Warga, Polisi Bersihkan Sampah dan Siapkan Lokasi Parkir di Pantai Pede Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo, Puluhan Polisi dari Satuan Lalulintas Kepolisian Resor Manggarai Barat padati lokasi wisata Pantai Pede Labuan Bajo di Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Jumat (26/05/2023) kemarin. Kedatangan anggota korps kopel putih ini untuk membersihkan sampah di sepanjang pantai tersebut.

Kegiatan ini dalam rangka merespon keluhan warga masyarakat dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) disekitar lokasi wisata Pantai Pede saat digelar Jumat Curhat pekan yang lalu.

Kegiatan bersih-bersih sampah di sepanjang pantai itu dipimpin oleh Kasatlantas Polres Mabar, IPTU Royke Weridity dan dilakukan bersama masyarakat serta para pelaku UMKM.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kasatlantas, IPTU Royke Weridity menjelaskan, kegiatan ini adalah respon anggota Polri terhadap keluhan masyarakat. 

"Walau semata-mata ini bukan tugas Polri. Tetapi, menjaga kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama," ungkap IPTU Royke saat ditemui di sela bersih-bersih sampah.

"Selain bersih-bersih, kita juga sosialisasikan dan edukasi para pengunjung agar bisa membuang sampah pada tempatnya," ucapnya.

Meskipun tempat sampah terbatas, polisi mengajak agar wisatawan membawa pulang sampah-sampahnya. Tujuannya agar sampah di lokasi bisa diminimalisir.

"Apalagi kebanyakan sampah plastik, ya minimal sampahnya dibuang di tempat sampah yang tersedia agar tidak berserakan," ujarnya.

Karena bersih itu, lanjut IPTU Royke Weridity, sehat, indah, dan menyenangkan. 

"Agama juga mengajarkan, siapa yang menjaga kebersihan sama dengan Iman, maka dengan kebersihan sama dengan menjaga Iman kita. Amin," katanya.

Selain itu, kegiatan juga dilanjutkan dengan membersihkan lahan kosong dibagian timur Pantai Pede menggunakan alat berat untuk dijadikan lokasi parkir bagi para pengunjung ataupun wisatawan.

"Hari ini kami juga membangun lokasi parkir bagi para pengunjung supaya terlihat rapi dan keindahan pemandangan Pantai Pede dapat dinikmati seutuhnya tanpa diganggu oleh kendaraan yang parkir maupun lalu lalang disekitar kawasan itu," jelas Kasatlantas

"Kami juga mengimbau kepada para pengunjung Pantai Pede agar memarkir kendaraannya dilokasi yang sudah disiapkan sehingga tidak menggangu aktivitas para pelaku UMKM yang berjualan dan pengunjung lainnya dikarenakan tebalnya debu ketika kendaraan tersebut lalu lalang didekat Pantai," pungkasnya.**#