Amankan Malam Pergantian Tahun, Kapolres Manggarai Barat : Patuhi Protokol Kesehatan

Amankan Malam Pergantian Tahun, Kapolres Manggarai Barat : Patuhi Protokol Kesehatan

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Malam Pergantian Tahun 2020 Ke Tahun 2021, di wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Gelar pasukan tersebut diikuti sebanyak 250 personil gabungan, Kamis (31/12/2020) di Lapangan Apel Mapolres Manggarai Barat, Jalan Frans Lega No. 15, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

Pengamanan malam tahun baru juga didukung dari instansi terkait mulai dari Brimob Subden 4 Den B Pelopor Labuan Bajo, Koramil 1612-02/Labuan Bajo, Pos TNI AL Labuan Bajo, Dishub Manggarai Barat, Satuan Pol PP Manggarai Barat, dan Pos SAR Labuan Bajo.

Menurut Kapolres Manggarai Barat, apel gabungan ini bertujuan untuk memastikan penyelenggaraan kegiatan malam tahun baru dapat berjalan aman tertib, lancar dan sehat.

“Pelaksanaan Pengamanan Pergantian Tahun ini berbeda dengan tahun–tahun sebelumnya di mana sekarang ini kita dituntut untuk bekerja keras agar tidak ada kerumunan sesuai dengan aturan Pemerintah, Maklumat Kapolri dan Peraturan Bupati Manggarai Barat yakni tidak ada Perayaan Malam Tahun Baru,” ujar AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

“Tentunya kegiatan nanti malam akan kita dibarengi dengan penegakan Protokol Kesehatan, kita akan lakukan Patroli dan mendatangi tempat–tempat wisata dan mendatangi objek–objek yang menyelenggarakan kegiatan masyarakat. Sesuai dengan aturan Pemerintah, Maklumat Kapolri dan Perbup Manggarai Barat malam ini dibatasi sampai pukul 21.00 Wita, tempat usaha yang melaksanakan kegiatan diatas jam tersebut akan kita tertibkan untuk tidak dilanjutkan kegiatannya. Pembatasan jam ini berlaku juga untuk yang di wilayah perairan laut Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK),” tambahnya.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. menjelaskan demi terciptanya rasa aman, nyaman dan kondusif serta sehat di Kabupaten Manggarai Barat pada suasana pergantian tahun di 2021

“Untuk pengamanan tahun baru kami bersama Forkopimda dan instansi terkait melaksanakan dan memberikan himbauan agar tidak merayakan malam tahun baru,” ungkapnya.

“Di samping itu Polres Manggarai Barat bersama Forkopimda dan instansi terkait akan melaksanakan patroli malam dalam skala besar di wilayah tersebut untuk mengantisipasi berbagai kerawanan yang muncul,” ujar Kapolres Manggarai Barat.

Ditambahkannya, Polri dan jajaran TNI mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak merayakan pergantian malam tahun baru, Protokol Kesehatan betul–betul dilaksanakan, jangan melakukan tindakan yang melawan hukum, seperti berkendara tanpa menggunakan helm dan tidak minum minuman keras yang dapat menimbulkan konflik sosial serta jangan melakukan kegiatan yang sifatnya bereuforia berlebihan, itu tidak bermanfaat dan tidak berguna apalagi sampai melakukan kegiatan yang membahayakan.

Tidak lupa Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. mengucapkan selamat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, semoga Kabupaten Manggarai Barat selalu dalam keadaan aman, kondusif dan Sehat.

Di tempat yang sama Dandim 1612/Manggarai, Letkol Kav. Ivan Alfa, S.Sos. mengatakan bahwa akan mendukung penuh Polri dalam melakukan pengamanan malam pergantian tahun.

“Kita akan tetap melaksanakan operasi ini bersama–sama, setiap titik yang sudah ditentukan kita akan lakukan Patroli dan pengamanan bersama-sama,” ujarnya.

“Kami juga mengimbau dan mengajak masyarakat dalam merayakan malam pergantian tahun agar melaksanakan dirumah bersama keluarga, berdoa bersama dengan harapan kita akan lebih baik lagi khususnya terhindar dari pandemi Covid-19,” tutup Letkol Kav. Ivan Alfa, S.Sos.

Hadir dalam apel pengecekan Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav. Ivan Alfa, S.Sos., Wakapolres Manggarai Barat Kompol Sukanda, Kadis Perhubungan Kab. Manggarai Barat Ir. Alexander S. Kelang, Perwira Penghubung Kodim 1612/Manggarai Mayor S. Hadi, Danramil 1612-02/Labuan Bajo Kapten Inf. I Nyoman Sukada, Kepala Basarnas Labuan Bajo Edi Suryono, Para Kabag, Para Kasat, dan Para Perwira Polres Manggarai Barat. *[RS]*