Puluhan Polisi Amankan Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Mabar 2024

Puluhan Polisi Amankan Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Mabar 2024

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat menerjunkan 50 personel dalam kegiatan pengamanan pengundian nomor urut Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat pada Pilkada serentak 2024 di halaman Kantor KPU setempat, Senin (23/09/2024) sore.

Puluhan personel tersebut merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja (OMP) Turangga 2024 yang bertugas khusus mengawal tahapan Pilkada.

Kapolres Mabar, AKBP Christian Kadang, S.I.K., menjelaskan bahwa pengamanan ini dilakukan sebagai upaya preventif dan preemtif untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan. 

"Kami ingin memastikan seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan yang dapat mengganggu ketertiban umum," kata Kapolres Mabar pada Senin malam.

Acara yang dihadiri oleh dua pasangan calon peserta Pilkada Manggarai Barat 2024 beserta para relawan dan simpatisan dari masing-masing paslon itu berjalan aman dan kondusif.

Dalam pengundian nomor urut itu, pasangan Christo Mario Pranda - Richardus Tata Sontani mendapat nomor urut 1, sementara Edistasius Endi, SE yang berpasangan dengan dr. Yulianus Weng, M.Kes. mendapat nomor urut 2.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh pendukung paslon untuk tetap menjaga ketertiban selama proses demokrasi ini berlangsung. Pegang teguh konsep lonto leok agar suhu politik tetap sejuk demi terwujudnya Manggarai Barat yang damai," imbaunya.

Lebih lanjut, Kapolres Mabar menekankan pentingnya kesadaran bersama untuk menghormati aturan yang berlaku dan tidak membuat kericuhan demi menciptakan suasana pesta demokrasi yang bermartabat.

"Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk memastikan proses pemilihan Bupati dan Gubernur ini berjalan dengan baik. Kerukunan di antara kita adalah kunci sukses Pilkada yang damai dan transparan," ungkap Alumni Akpol angkatan 2006 itu.

Mantan Danyon A Resimen III Pasukan Pelopor Korbrimob Polri ini juga menegaskan bahwa kepolisian akan terus memantau situasi dan meningkatkan pengamanan di setiap tahapan Pemilihan Bupati Manggarai Barat dan Pemilihan Gubernur NTT. 

"Pengamanan ketat ini merupakan bentuk komitmen Polres Manggarai Barat dalam menjaga keamanan dan kenyamanan semua pihak yang terlibat dalam pesta demokrasi di Kabupaten Manggarai Barat," pungkasnya.**#