Deklarasi Pilkada Damai, Semangat Untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Deklarasi Pilkada Damai, Semangat Untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Polres Manggarai Barat bersama Forkopimda, KPU, Bawaslu, aparat terkait, dan perwakilan dari berbagai partai politik menandatangani Deklarasi Pilkada Damai 2024.

Kegiatan ini sebagai sarana integrasi kebersamaan dalam menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini di Kota Pariwisata Super Premium Labuan Bajo.

Deklarasi tersebut digelar usai acara pengundian nomor urut pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat di halaman Kantor KPU setempat, Senin (23/09/2024) sore.

Dalam sambutannya, Kapolres Mabar, AKBP Christian Kadang, S.I.K. mengatakan, deklarasi tersebut sebagai wujud komitmen dalam mendukung Pilkada serentak 2024 yang harmonis dan bermartabat.

"Tujuan kita pada kegiatan deklarasi Pilkada damai ini untuk mengajak partai politik, paslon, masa pendukung, dan organisasi masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen, agar setiap tahapan Pilkada dapat berjalan dengan suasana yang aman, damai, lancar dan kondusif," kata Kapolres Mabar.

Ia menjelaskan, deklarasi damai ini merupakan langkah penting dalam menciptakan Pilkada yang aman dan kondusif di Kabupaten Manggarai Barat.

"Dengan adanya deklarasi ini, diharapkan seluruh elemen masyarakat dapat bersama-sama memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) selama pelaksanaan Pilkada tahun 2024," jelasnya.

AKBP Christian Kadang, S.I.K. juga menyebutkan bahwa Polres Manggarai Barat siap memberikan pengawalan penuh untuk memastikan seluruh tahapan pilkada berjalan lancar tanpa hambatan.

"Kami berkomitmen menjaga kondusivitas pelaksanaan Pilkada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, khususnya di Kabupaten Manggarai Barat," sebut Alumni Akpol angkatan 2006 itu.

Ditambahkannya, TNI - Polri akan selalu siap mengawal, mengamankan serta akan menjaga netralitas pada Pilkada tahun 2024 ini.

"Kami akan menjaga netralitas saat mengamankan seluruh tahapan Pilkada serentak 2024. Sekali lagi saya tegaskan, kepolisian tidak akan memihak ke salah satu paslon," tegasnya.

Lanjut Kapolres Mabar, saat ini sedang memasuki tahapan Pilkada untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota di tahun 2024, melalui deklarasi ini diharapkan menjadi semangat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Meskipun beda pilihan termasuk dalam satu keluarga semua harus dijaga dengan damai. artinya jangan ada yang memposisikan menjadi musuh karena ini merupakan konsekuensi keberagaman dari kehidupan demokrasi," ungkap Perwira menengah polisi itu.

"Selain itu, kerukunan di antara kita adalah kunci sukses pelaksanaan Pilkada serentak di Bumi Komodo ini," tambahnya.

Pada kesempatan itu, dirinya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kamtibmas selama Pilkada tahun 2024 berlangsung.

"Pesta demokrasi yang aman dan kondusif merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan Pilkada yang jujur dan adil," tutupnya.**#