31 Personil Kepolisian Ikut Ujian Beladiri Polri di Labuan Bajo

31 Personil Kepolisian Ikut Ujian Beladiri Polri di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat menggelar ujian Beladiri Polri bagi 31 personel yang akan mendapatkan kenaikan pangkat periode 1 Januari 2025 mendatang.

Ujian tersebut dilangsungkan di aula Kemala Bhayangkari Mapolres Manggarai Barat, Senin (23/09/2024) pagi. Kegiatan ini dinilai langsung tim penguji beladiri dari Biro SDM Polda Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kapolres Mabar, AKBP Christian Kadang, S.I.K. melalui Kabag SDM, AKP Hajairin mengatakan, persyaratan untuk naik pangkat bukan hanya harus mengikuti ujian beladiri namun harus memenuhi semua persyaratan.

"Personil yang sedang melaksanakan usulan kenaikan pangkat (UKP) tidak dinaikan pangkatnya begitu saja tetapi selain sudah masuk waktunya, persyaratan administrasi harus lengkap," kata Kabag SDM.

AKP Hajairin menuturkan, beladiri bukanlah hal yang baru bagi anggota Polri, kemampuan ini sudah diajarkan pada saat menjalani pendidikan dulu. Beladiri harus dikuasai setiap personel Polri ini untuk menunjang tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

"Ujian beladiri ini dibagi dalam beberapa materi yang meliputi teknik dasar beladiri Polri, teknik beladiri tanpa alat (tangan kosong) dan beladiri menggunakan alat (tongkat T dan borgol). Penilaian beladiri Polri mengacu pada penilaian cukup, baik dan tak memenuhi syarat," terangnya.

Lanjut Kabag SDM, anggota Polri harus menguasai beladiri karena tuntutan tugas di lapangan.

Beladiri Polri adalah kemampuan anggota Polri dalam mempertahankan diri dari serangan pihak lain.

"Beladiri ini juga menggunakan teknik-teknik menghindar, menangkis dan bila perlu menyerang balik untuk melumpuhkan lawan dengan tujuan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas)," ungkap ajun komisaris polisi itu.

Dirinya juga mengatakan ujian beladiri ini diikuti 31 orang personel, terdiri dari 29 orang personil Polres Manggarai Barat baik perwira maupun bintara, selain itu terdapat 1 orang dari personil Satpolairud Polda NTT dan 1 personil dari Satbrimob Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo.

Selain ujian beladiri masih ada tahapan-tahapan lain yang harus dilalui untuk dinyatakan layak dan diusulkan naik pangkat.

"Apabila telah memenuhi syarat maka berkas UKP akan diproses melalui Polda NTT untuk mendapatkan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat dari pejabat yang berwenang," pungkasnya.**#