Patroli Sat Samapta Tegur Pengendara Nekat Lawan Arus Hingga Imbau Prokes Covid-19

Patroli Sat Samapta Tegur Pengendara Nekat Lawan Arus Hingga Imbau Prokes Covid-19

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Arus lalu lintas di sekitaran Pasar Batu Cermin, jalan Wirapati merupakan jalur satu arah yang ramai pada pagi hingga sore, karena wilayah tersebut merupakan jalur pertokoan.

Meskipun jalur Pasar Batu Cermin, jalan Wirapati merupakan jalur satu arah, namun masih banyak masyarakat yang belum sadar akan tertib dalam berlalu lintas.

Beberapa di antara hanya mementingkan kepentingan pribadinya saja tanpa menghiraukan akan keselamatan jiwanya dengan berkendara secara melawan arus.

Saat anggota Patroli Satuan Samapta Polres Manggarai Barat melakukan patroli, Selasa (26/01/2021) sekitar pukul 18.00 Wita, masih ada ditemui bahkan para pengendara yang tetap saja melawan arus meskipun melihat adanya anggota Polisi yang sedang melakukan patroli.

Melihat akan pelanggaran tersebut dan berbahaya bagi pengendara dan pengguna jalan lain Kasubnit II Samapta dan Anggota Patroli Sat Samapta Polres Manggarai Barat melakukan teguran.

Kemudian anggota juga memberikan imbauan kepada pengendara yang melawan arus untuk berputar arah sesuai dengan petunjuk dan peraturan lalu lintas.

“Patuhi dan taati peraturan lalu lintas di jalan raya meskipun tidak ada Polisi, hal ini tentunya demi tercipta Kamseltibcar lantas di jalan raya,” jelas Kasubnit II Samapta Bripka Yoris Kedhi.

Selain itu, sebagai langkah mencegah penyebaran virus Covid-19, Sat Samapta Polres Manggarai Barat juga memberikan imbauan kepada pengunjung Pasar Batu Cermin agar selalu menggunakan masker.

Menindak lanjuti imbuan pemerintah dalam penangan penyebaran Covid-19 bahwa seluruh masyarakat disarankan untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan salah satunya dalam penggunaan masker.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. melalui Kasat Samapta IPTU Markus Malik menjelaskan tujuan pemberian imbauan kepada masyarakat untuk mengajak bersama mendukung upaya pencegahan wabah virus Covid-19. 
Sesuai dengan kebijakan pemerintah terkait penyebaran Covid-19, masyarakat diminta untuk mematuhi Protokol Kesehatan.

“Peran serta masyarakat sangat diharapkan dalam upaya pemeliharaan kamtibmas dan pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 di lingkungan sekitar tempat tinggalnya, agar tercipta situasi kamtibmas yang aman, nyaman dan sehat,” pungkasnya.

Menurut IPTU Markus Malik, bahwa kami sangat berharap kepada seluruh warga untuk tidak panik dan resah dengan adanya Covid-19 ini, karena pada dasarnya virus ini bisa dicegah, adapun cara mencegahnya adalah dengan menjaga kebugaran tubuh melaui pola hidup sehat serta asupan makan dengan gizi yang seimbang serta istirahat cukup, jaga kebersihan lingkungan dan patuhi Protokol Kesehatan.

“Mulai sekarang laksanakan pola hidup sehat, dan biasakan cuci tangan dengan mengunakan sabun antiseptik atau bisa juga dengan mengunakan hand sanitazer, serta tidak lupa untuk selalu menggunakan masker saat berpergian atau berada di tempat umum dan selalu mengaja jarak satu sama dengan yang lain dan menghindari keramaian,” ucap Kasat Samapta. *[RS]*