Polres Manggarai Barat Laksanakan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1442 H

Polres Manggarai Barat Laksanakan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1442 H

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Dalam memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H / 2020 M. Polres Manggarai Barat laksanakan kegiatan tersebut dengan mengutamakan protokol kesehatan yang berlangsung di Masjid Al- Ikhlas Polres Manggarai Barat, pada Kamis (29/10/2020) pagi.

Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si., Ketua MUI Mabar Syakar Abdul Jangkung, M.Si., Ketua PHBI H. Ahmad Idrus B.A., Waka Polres Mabar Kompol Sukanda, Kabag Sumda Kompol Sahidin Suna, KBO Samapta Iptu Muhamad Yakub, Perwira Penghubung Kodim 1612 Manggarai Mayor S.Hadi beserta Babinsa Koramil 1612-02/Komodo, Camat Komodo Imran, S.IP., Perwakilan Muhammadiyah, Perwakilan NU, Personil Polres Manggarai Barat dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Manggarai Barat.

Peringatan Maulid Nabi kali ini mengusung tema “Peringatan Maulid Nabi sebagai Motivasi Meningkatkan Ukhuwah Islamiah dan Dengan Keteladanan Nabi Muhammad SAW Kita Kuatkan Persaudaraan Serta Keperdulian Guna Mewujudkan Kamtibmas Yang Kondusif”.

Peringatan yang diawali dengan Senandung ayat suci Al Qur’an yang di bawakan oleh Anak–anak dari TPQ Asuhan H.Siti Ihram, Lantunan Shalawat Nabi yang di bawakan Kelompok Ibu–Ibu Anggota BKMT, se-Kota Labuan Bajo di bawah pimpinan H. Siti Ihram dan Pembacaan kalam Ilahi oleh Abu Bakar, S.E. serta Pembacaan Sari Tilawah oleh Ibu Lailatun Najwa

Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini pun semakin terasa bermakna, dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ustad Syakar Abdul Jangku, M.Si. kemudian diakhiri dengan berdoa bersama.

Dalam sambutannya Ustad Syakar Abdul Jangku, M.Si. menyampaikan, sehubungan dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan terdapat teman yang cukup menarik yakni Peringatan Maulid Nabi sebagai Motivasi Meningkatkan Ukhuwah Islamiah dan Dengan Keteladanan Nabi Muhammad SAW Kita Kuatkan Persaudaraan Serta Keperdulian Guna Mewujudkan Kamtibmas Yang Kondusif.

Dengan kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk penghormatan kita kepada Nabi Muhammad SAW yang dimana kegiatan ini sudah turun temurun bagi kita yang dimana Umat Islam peringati Maulid Nabi di setiap bulan Rabiul Awal.

“Banyaknya poin–poin yang perlu kita petik dalam perilaku yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW serta pesan–pesan yang di berikannya kepada umatnya sehingga kita dapat hidup bermasyarakat dengan baik,” harap Ustad Syakar Abdul Jangku, M.Si.
  
Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan Silahturahmi kita serta mempererat tali persaudaraan dalam meningkatkan iman dan takwa, selain itu juga perlunya meningkatkan kegiatan ke agamaan yang dapat memberikan nilai positi yakni pengajian serta kultum yang sifatnya mengajak agar dapat menjauhi perbuatan yang dapat merusak diri sendiri maupun orang lain.

“Kami juga sebagai tokoh agama umat Islam yang ada di Manggarai Barat mengucapkan terima kasih kepada Kapolisian Resor Manggarai Barat yang telah mendukung kegiatan ini serta pihak–pihak terkait,” ujarnya

Sementara itu Kapolres Manggarai Barat Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. juga menyampaikan, dalam momen memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW banyak hal atau contoh yang harus kita ambil dalam menerapkan hidup bermasyarakat.

“Saya sebagai Kapolres Manggarai Barat saat ini sangat mendukung sekali kegiatan keagamaan dan saya harapkan kegiatan ini  sekaligus Silahturahmi buat kita semua dalam meningkatkan tali persaudaraan,” ujar AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

“Selain itu juga kegiatan keagamaan dapat di laksanakan bukan hanya dalam momen hari besar saja namun kegiatan keagamaan yang memberikan nilai positif kepada kita baik keluarga maupun generasi muda di lingkungan sekitar kita yakni tingkatkan  pengajian dan tausiah serta mendoakan para leluhur kita agar diberikan tempat yang layak di sisi Allah SWT,” tambahnya.*[RS]*