Polisi Bersama Warga dan Damkar Bantu Padamkan Kebakaran Dapur Hotel

Polisi Bersama Warga dan Damkar Bantu Padamkan Kebakaran Dapur Hotel

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Anggota Polres Manggarai Barat bersama Anggota Sat Brimob Subden 4 Den B Pelopor Labuan Bajo dan petugas pemadam kebakaran serta warga membantu memadamkan api yang membakar sebuah ruangan kitchen / dapur Hotel Wae Cicu Beach di Kel. Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Kamis (16/07/2020) Sore.

Akibat kebakaran yang disebabkan korsleting arus pendek listrik pada instalasi kilometer pembatas mengakibatkan Dapur Hotel hangus dilalap si jago merah.

Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si., melalui Wakapolres Mabar Kompol Sukanda, mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 15.00 Wita. Anggota Polres Mabar bersama Anggota Brimob yang datang ke lokasi kemudian membantu memadamkan api. Api baru bisa dipadamkan setelah mobil pemadam didatangkan.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian sebab Dapur dalam keadaan kosong, namun akibat kebakaran ruangan tersebut hangus terbakar. Kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai Rp 200 juta,” kata Wakapolres.

Berdasarkan keterangan, kebakaran pertama kali diketahui oleh saksi bernama Basilius Mantur (33) yang merupakan manager hotel tersebut dan melihat gumpalan api serta asap di atas atap Dapur Hotel.

“Mendapati kebakaran, saksi kemudian berteriak minta tolong hingga warga berdatangan dan membantu memadamkan api. Selain itu melaporkan kejadian ke pemadam kebakaran namun api terlanjur membesar dan menghanguskan Dapur Hotel beserta perabotnya,” kata Wakapolres.

Wakapolres menambahkan, penyebab kebakaran diperkirakan dari hubungan arus pendek pada instalasi kilometer pembatas.

“Api akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.30 Wita setelah mobil pemadam kebakaran didatangkan,” pungkasnya.

Saat ini lokasi kejadian telah diamankan dan memeriksa saksi-saksi, guna penyelidikan. Kasus tersebut telah ditangani oleh Satuan Reskrim Polres Mabar.

Untuk itu dihimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada agar tidak terjadi kebakaran, untuk selalu memperhatikan keamanan dalam rumah dengan mengecek kembali instalasi listrik dan benda-benda elektronik lainnya yang dapat memicu terjadinya kebakaran.*[RS]*