Jelang Hari Bhayangkara Ke-75, Polres Manggarai Barat Laksanakan Vaksinasi di Pulau Rinca

Jelang Hari Bhayangkara Ke-75, Polres Manggarai Barat Laksanakan Vaksinasi di Pulau Rinca

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Menyambut Hari Bhayangkara ke-75 sekaligus sebagai upaya untuk mengimplementasikan program vaksinasi satu juga dosis per hari sebagaimana arahan dari Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, Polres Manggarai Barat melaksanakan kegiatan Vaksinasi massal menjangkau pulau terpencil, Sabtu (26/06/2021) pagi sekitar pukul 08.30 Wita.

Wakil Bupati Mabar dr. Yulianus Weng, M.Kes., Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si., Danlanal Labuan Bajo Mayor Laut (KH) Budi Purwoto, S.T, M.T., Pabung Kodim 1612/ Manggarai Mayor Hadi dan Danpos AU Labuan Bajo Letda Yepi Efendi meninjau langsung Vaksinasi massal masyarakat Desa Pasir Panjang, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Desa, Pulau Rinca, Desa Pasir Panjang. Mereka meninjau secara langsung proses Vaksinasi masyarakat mulai dari tahap pendaftaran, penyuntikan hingga observasi pasca–vaksin.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. menyatakan, kegiatan vaksinasi menjangkau pulau ini dilakukan bekerjasama dengan TNI, Dinas Kesehatan Manggarai Barat, Puskesmas Labuan Bajo dan Klinik Omsa Medic Marina Labuan Bajo.

"Secara serempak Polri melaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 secara massal di seluruh wilayah Indonesia baik pada tingkat Polda maupun Polres. Untuk Kabupaten Manggarai Barat, hari ini dilaksanakan di wilayah Desa Pasir Panjang dan selanjutnya secara bertahap akan dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Manggarai Barat," katanya.

Kegiatan ini selain memperingati hari lahirnya Korps Bhayangkara, juga sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Manggarai Barat.

"Ini juga upaya dari Polres Manggarai Barat untuk upaya pencegahan penyebaran dan menekan angka positif Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat khususnya Kota Pariwisata Super Premium Labuan Bajo," ujar Alumus Akpol angkatan 2000 itu.

Dari data yang dihimpun kata AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K, M.Si. ada sebanyak 440 orang sudah melaksanakan Vaksin tahap I dari target yang ditentukan sebanyak 608 orang.

"Sementara 168 orang itu ada yang masih diluar wilayah Desa atau masih bekerja dan juga ada yang setelah di screaning oleh tim Medis tidak memenuhi syarat untuk di Vaksin. Karena beberapa hambatan seperti mengalami darah tinggi, sesak napas, hamil serta Komorbid," jelasnya.

AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. berharap pelaksanaan Vaksinasi menjangkau pulau terpencil ini dapat lebih mempermudah dan mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat. Terutama yang berada di pulau–pulau yang ada di Manggarai Barat, sehingga seluruh masyarakat terlindungi dari paparan Covid-19.

"Vaksinasi Covid-19 ini sangat penting untuk menangkal penularan wabah akibat Covid-19. Tapi ingat juga protokol kesehatan harus tetap di terapkan dan tidak boleh dianggap remeh, karena wabah covid-19 ini belum berakhir," ungkapnya.

Selain meninjau Vaksinasi massal di Desa Pasir Panjang, rombongan juga turut memberikan bantuan sembako sebanyak 80 paket kepada masyarakat Pulau Rinca yang membutuhkan.

Sementara itu, Kepala Desa Pasir Panjang H. Muhammad Mufthar usai di vaksin memberikan kesaksiannya.

"Kami sangat senang dengan adanya vaksin ini, semoga kedepannya seluruh masyarakat Manggarai Barat juga mendapatkan fasilitas tersebut terutama di pulau–pulau terpencil," ungkapnya.

"Kami juga ucapan terimakasih dengan adanya vaksin gratis ini. Terimakasih pada Pemkab Manggarai Barat, pada Polri dalam hal ini Polres Manggarai Barat, dan juga terimakasih pada para tenaga kesehatan dan semua pihak terkait, ini merupakan langkah besar untuk kita semua, Ayo kita dukung vaksin ini," tutup Kades Pasir Panjang. *[RS]*