Pimpin Upacara Penutupan Diklat, Kapolres Minta Satpam Hayati dan Pedomani Prinsip-Prinsip Penuntun Dalam Pelaksanaan Tugas

Pimpin Upacara Penutupan Diklat, Kapolres Minta Satpam Hayati dan Pedomani Prinsip-Prinsip Penuntun Dalam Pelaksanaan Tugas

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si meminta peserta pendidikan dan pelatihan Satuan Pengamanan (Satpam) untuk selalu menghayati dan mempedomani prinsip-prinsip penuntun dalam pelaksanaan tugas. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Mabar saat memimpin upacara penutupan pendidikan dan pelatihan Gada Pratama Satpam angkatan ke 12 tahun 2022, Selasa (23/8/2022) di Markas Komando Polres Mabar. 

Kapolres Mabar mengungkap, dalam diklat yang dilaksanakan kurang lebih 1 bulan, banyak hal yang sudah diajarkan oleh tim pendidik, Namun pengetahuan yang serap selama pelatihan ini belumlah cukup untuk menjadi bekal dalam pelaksanaan tugas nantinya. 

“Oleh karena itu, kembangkanlah ilmu yang ada sesuai dengan kondisi lingkungan kerja masing-masing, sehingga mampu dan sukses dalam melaksanakan tugas guna mengantisipasi perkembangan modus operandi gangguan kamtibmas yang secara kwalitas maupun kuantitas menunjukan grafik peningkatan yang cukup signifikan agar menciptakan situasi aman dan tertib di lingkungan kerja,” ujar AKBP Felli. 

Lanjut dikatakan, Satpam merupakan potensi masyarakat yang tumbuh dan berkembang menjadi salah satu tumpuan dalam menyelenggarakan keamanan.

Untuk itu, Secara swakarsa pada lingkungan kawasan kerja tertentu, tetap berpedoman pada metode dan teknik pengamanan yang menjadi pola Polri. 

“Oleh karena itu, satpam pada lingkungan kerja tertentu selain sebagai unsur membantu pimpinan yang bersangkutan juga adalah mitra Polri dalam menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya seirama dengan trend perkembangan kamtibmas dewasa ini,” Tuturnya. 

Kapolres Mabar mengharapkan Anggota Satpam yang baru dilantik dapat memanfaatkan pengetahuan yang sudah diperoleh pada saat diklat sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas. 

“Harapan saya, manfaatkan pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan dasar ini, sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas saudara - saudara, karena terciptanya rasa aman dan tertib ditentukan oleh sejauh mana kemampuan saudara menguasai dan memahami segala ketentuan dan prosedur tugas yang berlaku, “Imbuhnya.

Selain itu, Kapolres Mabar juga mengatakan, Terselenggaranya pelatihan Gada Pratama Satpam ini, karena adanya rasa tanggung jawab bersama antara pengguna jasa pengamanan, dan Polri dalam penanggulangan gangguan kamtibmas khususnya pada lingkungan kerjanya masing-masing.

“Oleh karena itu, melalui kesempatan yang baik ini saya selaku penanggung jawab kamtibmas di wilayah ini, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan / instansi badan usaha pengguna jasa satpam atas partisipasi dalam penyelenggaraan pelatihan ini,” Ucapnya. 

Selain prinsip dasar Satpam, AKBP Felli mengimbau agar anggota satpam yang baru dilantik untuk melaksanakan tugas dengan baik dengan melakukan koordinasi dengan unsur terkait lainnya dalam melaksanakan tugas pembinaan keamanan dan ketertiban. 

“Satu hal yang perlu dilakukan adalah, tampilkan jati diri saudara-saudara sebagai petugas yang profesional dalam melaksanakan tugas dan tularkanlah ketauladanan kepada rekan-rekan saudara yang belum mengikuti pelatihan,” tutup Kapolres Mabar.