Pastikan Pelayanan Optimal, AKBP Christian Kadang, S.I.K. Cek Langsung Fasilitas Pelayanan Publik di Polres Mabar

Pastikan Pelayanan Optimal, AKBP Christian Kadang, S.I.K. Cek Langsung Fasilitas Pelayanan Publik di Polres Mabar

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Kapolres Manggarai Barat, AKBP Christian Kadang, S.I.K. melakukan pengecekan secara langsung sarana, prasarana pelayanan publik yang ada dilingkungan mapolres setempat, Selasa (13/08/2024) pagi.

Didampingi Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Manggarai Barat, ajun komisaris besar polisi itu tampak memeriksa beberapa ruang pelayanan seperti ruang Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), ruang Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan ruang Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan fasilitas-fasilitas pelayanan terhadap masyarakat yang ada di lingkungan Polres Manggarai Barat sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) serta kegiatan pelayanan berjalan dengan baik.

AKBP Christian Kadang, S.I.K. mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari kontrol seorang pimpinan terhadap tugas dari setiap anggota Polri, terlebih menyangkut pelayanan kepada masyarakat yang harus mengutamakan kepuasan bagi masyarakat itu sendiri.

"Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung situasi, kondisi dan kesiapan personel dalam memberikan pelayanan. Dalam pelayanan publik, kami selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang prima agar masyarakat merasa puas. Hal ini, bagian dari pada tupoksi Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat," kata Kapolres Mabar.

Ia menambahkan, pengecekan pelayanan publik di Polres Manggarai Barat akan dilakukan secara berkala, untuk menghindari adanya pelanggaran anggota dan mengetahui kekurangan, baik sarana prasarana pendukung, maupun proses saat melayani masyarakat.

"Kita akan terus berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, baik sarana dan prasarananya maupun kemampuan personel yang mengawaki sehingga kita dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan maksimal," jelasnya.

Dalam pengecekan itu, Kapolres Mabar menekankan kepada personel yang memberi pelayanan terhadap masyarakat agar melayani dengan sepenuh hati, cepat dan humanis. 

"Hindari sikap arogan atau perilaku yang kurang baik saat melayani masyarakat. Layani masyarakat dengan tulus, ikhlas dan tentunya, jangan sampai ada pelanggaran hukum," ungkap Alumni Akpol angkatan 2006 itu.

Selanjutnya, mantan Danyon A Resimen III Pasukan Pelopor Korbrimob Polri ini juga meminta agar tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan ruangan pelayanan publik.

"Perhatikan kebersihan dan kenyamanan lingkungan kerja, sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat berjalan optimal dan benar-benar bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," pungkasnya.**#