Operasi Patuh Turangga 2020 Berakhir, Satlantas Polres Mabar Tindak 304 Pengendara

Operasi Patuh Turangga 2020 Berakhir, Satlantas Polres Mabar Tindak 304 Pengendara

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Satuan Lalu Lintas Polres Mabar merilis hasil Operasi Patuh Turangga 2020 yang digelar selama 14 hari.

Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si., melalui Kasat Lantas Polres Mabar IPTU I Made Bagus Aditya Melyandika, S.T.K., M.A., mengatakan pelanggaran lalu lintas di Manggarai Barat masih didominasi oleh pelanggar pengendara roda dua, diantaranya tidak menggunakan helm dan melawan arus.

“Kegiatan Operasi Patuh sudah kita laksanakan selama 14 hari. Berakhir 5 Agustus, kami melihat kesadaran warga dalam berlalu lintas masih kurang,” katanya, Jumat (7/8/2020).

Ia menuturkan selama operasi berlangsung, pihaknya konsen pada kegiatan preemtif (toleransi) dimana pihaknya banyak melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dan pengendara.

“Seperti sosialisasi sosial distancing, penggunaan masker saat berkendara kemudian kegiatan aman dalam berkendara, seperti kelengkapan kendaraan dan pengemudi itu sendiri,” tuturnya.

Dilakukan juga penindakan terhadap pengendara yang tidak menggunakan helem SNI, melawan arus, dan pengemudi di bawah umur.

“Sampai saat ini untuk wilayah Manggarai Barat dan di bantu Polsek, pihaknya mencatat 304 pelanggaran lalu lintas baik kendaraan roda dua dan roda empat selama berlangsungnya operasi patuh Turangga 2020. Dari data pelanggaran tersebut, 63 pengendara dikenakan tilang, sedangkan 241 lainnya diberikan teguran, mayoritas tidak menggunakan helm SNI,” bebernya.*[RS]*