Kapolda NTT Kunjungi KPUD Manggarai Barat, Pastikan Keamanan Jelang Pilkada Serentak 2020

Kapolda NTT Kunjungi KPUD Manggarai Barat, Pastikan Keamanan Jelang Pilkada Serentak 2020

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Selain mengunjungi Mako Polres Manggarai Barat, Kapolda NTT Irjen. Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. juga mengunjungi Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Manggarai Barat, Jumat (18/09/2020) sore. 

Kunjungan Kapolda NTT besama rombongan ini dalam rangka melihat situasi dan kondisi kesiapan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang di Bumi Komodo.

“Selama seminggu ini sudah 9 Polres yang saya sudah datangi. Dari Belu sampai Manggarai Barat sudah tuntas hari ini,” kata Irjen. Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. dalam sambutannya di Kantor KPUD Manggarai Barat.

Irjen. Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. mengatakan, kunjungannya ini demi melihat secara langsung bentuk kesiapan dari personil Kepolisian terkait pola pengamanan, situasi normal, serta persiapan peralatan dalam menyambut Pilkada Serentak 2020.

“Walaupun saya dapat laporan yang dikirim Kapolres lewat WatsApp, tapi tentu berbeda ketika saya turun langsung seperti ini,” ujarnya.

Kapolda NTT mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak KPUD dan jajaran Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat atas koordinasi dan kerja sama yang telah berjalan dengan baik. Menurutnya, demokrasi di tahun 2020 ini bukan lagi sesuatu hal yang baru bagi pihaknya, terutama bagi KPU dan Bawaslu.

“Mulai dari Pilgub, Pileg, Pilpres, dan sekarang pemilihan Bupati ini bukan lagi sesuatu yang baru. Tentu mekanisme mau pun tahapan dan aturannya rata-rata kita sudah kuasai semua,” jelasnya.

Dikatakan Irjen. Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., masyarakat saat ini tentu sudah semakin dewasa dalam berdemokrasi. Kata dia, keuntungan bagi negara adalah jika demokrasi mampu berjalan dengan aman dan lancar.

“Ini juga untung bagi kita dari unsur pengamanan jika merasakan demokrasi yang aman dan damai,” tuturnya.

Kapolda NTT mengakui bahwa dalam proses politik itu tentu banyak dinamika yang terjadi. Maka dari itu, sangat diperlukan kontrol pengawasan yang baik dan ketat sesuai koridor dalam perundang-undangan yang berlaku.

Irjen. Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. meminta kepada jajaran KPUD dan Bawaslu Manggarai Barat agar tidak boleh adanya keraguan dalam menjalankan tugas.

“Kita dari unsur keamanan selalu siap mendukung atas semua tugas yang dijalankan KPU dan Bawaslu,” katanya.

Meski pilkada kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19, namun, Kapolda NTT Irjen. Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. mengharapkan agar Pilkada Serentak 2020 ini akan berjalan dengan sukses, aman, damai, dan sehat. Ia meminta kepada penyelenggara pemilu untuk mematuhi arahan yang disampaikan Mendagri terkait sosialisasi protokol kesehatan Covid-19.

“Arahan ini harus betul-betul disampaikan sehingga masyarakat tidak gagal paham,” ucapnya.

Irjen. Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. mengajak penyelenggara pemilu dan pihak kepolisian di wilayah hukum setempat untuk tidak boleh ragu memberikan teguran-teguran kepada masyarakat yang tidak mematuhi protokoler kesehatan. “Karena yang kita lakukan ini merupakan perintah secara sah, sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Kapolda NTT juga meminta kepada penyelenggara pemilu untuk dapat menyampaikan hal itu kepada masing-masing partai politik pendukung bakal pasangan calon.

“Jadi dengan sisa waktu yang ada ini, masih ada kesempatan untuk kita adakan kegiatan berupa sosialisasi dan himbauan. Bahkan diarahkan juga kepada parpol-parpol pendukung untuk disampaikan. Lebih baik kita capeh sebelum ada kejadian, dari pada kita remehkan situasi yang terjadi. Itu capehnya lebih luar biasa,” terang Kapolda.

Baik KPUD, Bawaslu maupun Kepolisian, kata Kapolda NTT, harus bisa mendukung penuh persiapan keamanan pilkada. Begitu pun dengan protokol kesehatan, Ia mengimbau agar pandemi Covid-19 ini tak boleh dianggap remeh.

“Covid ini jangan dianggap remeh, dia tidak mengenal golongan dan pangkat seseorang, semuanya sama. Dia datang bisa untuk siapa saja, bisa kapan saja, dan bisa dimana saja,” imbuh Kapolda NTT.*[RS]*