Kapolda NTT Kukuhkan Satuan Polisi Perairan Polres Manggarai Barat

Kapolda NTT Kukuhkan Satuan Polisi Perairan Polres Manggarai Barat

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepala Kepolisian Daerah  Tenggara Timur (Kapolda NTT), Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M. Hum secara resmi mengukuhkan Satuan Perairan Polres Mabar, Rabu (2/11/2022). 

Hadir dalam kesempatan itu rombongan dari Polda NTT, Bupati Mabar Edistasius Endi, Ketua DPRD Mabar Martinus Mitar, Kapolres Mabar, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si, Danlanal Labuan Bajo, para tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

Dalam sambutannya Kapolda NTT menyampaikan pembentukan Satuan Polisi Perairan di Labuan Bajo merupakan satu keputusan yang sangat strategis dari Kapolri untuk membangun Polri, yang siap melayani masyarakat di mana saja, baik itu di daratan maupun lautan, khususnya Labuan Bajo yang menjadi salah satu destinasi super prioritas pariwisata Nasional. 

Kehadiran Satpol air tentu akan memberikan kontribusi yang besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Manggarai Barat khususnya di wilayah perairan termasuk untuk memberikan perlindungan pencarian dan pertolongan ketika masyarakat ditimpa musibah

“Salah satu contoh, ketika Kapal Motor Cantika mengalami kebakaran, dalam waktu singkat Polda NTT melalui Direktorat polairud menggerakkan tiga kapal ke TKP untuk berkolaborasi dengan Basarnas, TNI Angkatan Laut dan masyarakat, sehingga berhasil mengevakuasi penumpang yang tenggelam meskipun dari 300-an lebih penumpang 20 diantaranya meninggal, Namun ini semua karena kecepatan bergerak kemudian Satuan komando dilapangan semuanya bersatu padu dan dalam tim masyarakat yang membutuhkan pertolongan dapat diselamatkan,” Terangnya.

Di sinilah, lanjut Kapolda NTT pentingnya membentuk satuan Polair, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya di wilayah perairan, baik para turis, para tamu domestik, nelayan maupun masyarakat yang menggunakan angkutan perairan. Tentu perlu juga didukung dengan  sarana prasarana yang baik sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik.

“Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya Kepada Bupati Manggarai Barat beserta jajaran, unsur Forkompinda, tokoh agama, tokoh masyarakat, atas dukungan dan kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini, tentunya kami berharap sinergitas yang telah terjalin terus kita lanjutkan dan tingkatkan, karena tanpa kerja sama tidak mungkin dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” Tutupnya.

Sementara itu Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dalam sambutannya mengatakan kehadiran Polair di Labuan Bajo sangat strategis. Hal ini sejalan dengan ditetapkannya Labuan Bajo sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas oleh pemerintah pusat, sehingga pentingnya daerah dalam hal ini Kabupaten Manggarai Barat untuk menjamin keselamatan para tamu asing maupun tamu lokal yang berkunjung merasa nyaman selama berwisata di Labuan.

“Untuk memastikan keamanan saat berwisata di laut dan seketika terjadi musibah di situlah negara hadir lebih-lebih Kepolisian hadir untuk menyelamatkan jiwa masyarakat yang mendapatkan musibah,” Tuturnya.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Manggarai Barat kami menyampaikan profisiat kepada bapak Kapolda NTT yang telah dilantik menjadi Kapolda di Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

“Mari kita sama-sama bersinergi kita memastikan bahwa Kamtibmas di wilayah Kabupaten Manggarai Barat sangat nyaman,” Tutupnya.