Kapolres Mabar Ucapkan Terima Kasih Kepada Kartini Mabar

Kapolres Mabar Ucapkan Terima Kasih Kepada Kartini Mabar

Tribratanewsmanggaraibarat.com- Hari Kartini diperingati sebagai bentuk penghormatan pada Raden Ajeng Kartini yang telah berjuang untuk mendapatkan kesetaraan gender. Hal itu disampaikan Kapolres Manggarai Barat, AKBP. Handoyo Santoso, SIK.MSi, Selasa (21/04) petang.

Peringatan Hari Kartini tahun ini memang terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat Indonesia khususnya Manggarai Barat harus berbesar hati mengenang sosok pahlawan emansipasi wanita di tengah wabah corona atau COVID-19 saat ini.

Untuk itu, Kapolres Manggarai Barat AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si. melalui Akun Medsos Humas Polres Mabar menyampaikan sebuah pesan khusus yang ditujukan kepada para Kartini Manggarai Barat yang tengah berjuang keras memutus mata rantai penularan COVID-19.

Kapolres Mabar mengawali pesan tersebut dengan sebuah cerita singkat tentang perjuangan R.A Kartini semasa hidupnya.

“Raden Ajeng Kartini lahir di Mayong, Jepara, Jawa Tengah, pada 21 April 1879. Kartini adalah sosok pahlawan nasional. Perempuan pejuang emansipasi yang menjadi contoh kaum perempuan Indonesia sejak dahulu hingga kini. RA Kartini diketahui sebagai sosok perempuan yang pantang menyerah, optimistis, tidak takut gagal, bersemangat, sederhana, rela berkorban, dan berani,” tegas Kapolres Handoyo.

Beliau menambahkan, masyarakat Manggarai Barat saat ini sebetulnya dapat mencontoh semangat Kartini meski harus terpaksa beraktivitas di rumah. Ada banyak sekali kontribusi nyata dan positif yang masih bisa dilakukan untuk keluarga, komunitas, maupun negara.

“Jangan pernah mencari alasan untuk melakukan hal baik kepada orang lain,” kata Kapolres Handoyo.

Dia kemudian memberikan contoh para pejuang kemanusian, baik petugas medis maupun petugas lapangan yang bekerja siang malam menghadapi ancaman COVID-19. Di garis depan, kata AKBP Handoyo, para tenaga medis memiliki tugas mulia menyelamatkan jiwa manusia dengan resiko jiwa raga mereka sendiri.

Sebagai penutup, AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si. mengucapkan terima kasih kepada semua petugas dan relawan yang selama ini telah bekerja keras dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kepada seluruh relawan petugas medis dan petugas lapangan dari Pemerintah, TNI-Polri ataupun masyarakat saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga," tutur AKBP Handoyo.

"Semoga apa yang kita lakukan hari ini membawa manfaat buat orang banyak dan ini menjadi amal ibadah kelak," pungkasnya

Ucapan terima kasih dan penghargaan tidak akan mampu menebus jasa besar mereka yang telah membaktikan dirinya untuk menolong dan menyelamatkan nasib sesama manusia. Oleh karena itu, pandemi COVID-19 ini sejatinya memberi kesempatan kepada kita semua untuk mampu menunjukkan kualitas kemanusiaan kita.*(RS)*