Kapal Tenggelam, Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Wisatawan Asal Malaysia di Labuan Bajo

Kapal Tenggelam, Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Wisatawan Asal Malaysia di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Tim SAR Gabungan berhasil melakukan evakuasi korban kapal wisata yang tenggelam di Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) tepatnya di sekitar perairan Pink Beach, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Sabtu (22/07/2023) siang.

Kapal wisata bernama Teman Baik dengan tipe Kapal Layar Motor (KLM) itu mengangkut sebanyak 9 orang wisatawan mancanegara (wisman) asal Malaysia dan 5 orang anak buah kapal (ABK).

Kejadian nahas itu terjadi sekitar pukul 11.20 Wita. Awalnya, kapal itu berlayar dari destinasi wisata Manta Point menuju Pink Beach.

Pada saat berlayar itu kapal mengalami kerusakan mesin, sehingga ditarik menggunakan KLM. Flores Utama. Saat itu, di sekitar perairan Pink Beach terjadi pusaran air yang mengakibatkan KLM. Teman Baik miring dan tenggelam.

Kemudian, sebanyak 9 orang penumpang wisatawan mancanegara itu dan 4 orang ABK dievakuasi ke atas kapal KLM. Flores Utama untuk selanjutnya dievakuasi ke Postu di Pulau Komodo. Satu dari kesembilan korban mengalami luka-luka akibat kejadian tersebut.

"Sebanyak 3 orang sudah dievakuasi ke Labuan Bajo. Untuk 6 orang wisatawan lainnya memilih nginap di Pulau Komodo bersama 4 orang ABK, lalu esok baru bertolak ke Labuan Bajo. Beruntung tidak ada korban jiwa, namun salah satu wisatawan mengalami luka ringan di tangan kiri," kata Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. usai meninjau proses evakuasi di Pelabuhan Marina Labuan Bajo, Sabtu (22/07/2023) malam.

Wisatawan mancanegara yang mengalami luka-luka itu langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo untuk mendapatkan penanganan medis.

Selain itu, Perwira berpangkat AKBP itu juga mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan untuk lebih memperhatikan keselamatan dan keamanan saat melakukan aktivitas wisata di perairan Taman Nasional Komodo.

"Kami mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan untuk memperhatikan keamanan apabila hendak berwisata di sekitar perairan TNK karena cuaca kurang bersahabat, angin cukup kencang," kata Kapolres Mabar.

"Harus selalu waspada dan juga terus mengedepankan aspek-aspek keselamatan dalam pelayaran," pungkasnya.**#