Wakapolres Mabar Pimpin Upacara Tabur Bunga Jelang Hari Jadi Ke-73 Polwan RI di Labuan Bajo

Wakapolres Mabar Pimpin Upacara Tabur Bunga Jelang Hari Jadi Ke-73 Polwan RI di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Menjelang Hari Jadi Ke-73 Polisi Wanita Republik Indonesia (Polwan RI) yang jatuh pada tanggal 1 September 2021, Jajaran Polisi Wanita Kepolisian Resor Manggarai Barat melaksanakan upacara tabur bunga, bertempat di Dermaga Pelabuhan Pelni Labuan Bajo, Selasa (31/08/2021) sore.

Upacara tabur bunga dipimpin langsung oleh Wakapolres Manggarai Barat Kompol Eliana Papote, S.I.K., M.M., diikuti seluruh anggota Polwan Polres Manggarai Barat, walaupun pelaksanaannya di gelar dengan cara yang sangat sederhana dan tetap memperioritaskan Protokol Kesehatan, tetapi semua rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan hikmat.

Hari Jadi Ke-73 Polwan RI tahun 2021 mengusung tema "Transformasi Polri Yang Presisi Polwan Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Menuju Indonesia Maju."

Sebagai Wakapolres perempuan pertama di NTT sekaligus Senior Polwan di Polres Manggarai Barat, Wakapolres Mabar Kompol Eliana Papote, S.I.K., M.M. mengatakan, upacara tabur bunga tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-73 Polwan RI, ini sebagai bentuk penghormatan kepada pendahulu dan pahlawan yang telah berjasa kepada Polri dan juga bangsa dan negara, sekaligus memberikan motivasi kepada insan Bhayangkara khususnya Polisi Wanita sebagai generasi penerus terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini.

"Kita selaku penerus bangsa wajib menjaga hasil perjuangan para pahlawan dengan menjadikan mereka sebagai sari tauladan dalam kita bertugas sebagai Insan Bhayangkara dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat," ucap Wakapolres Mabar 

"Semoga arwah para pahlawan yang telah mendahului kita mendapat tempat yang layak di sisi Nya serta menjadi motivasi bagi kinerja Polri yang Presisi dan dicintai oleh masyarakat," tambahnya.

Selain itu, Polwan Polres Manggarai Barat juga melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan menjelang Hari Jadi Ke-73 Polwan RI antara lain kegiatan Donor Darah, Bakti Sosial Pembagian Sembako, Vaksinasi Massal, Pembagian Masker dan Handsanitizer.

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata kehadiran Polisi Wanita yang Presisi di tengah–tengah masyarakat Kabupaten Manggarai Barat," tuturnya. 

Sementara itu, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. mengungkapkan, keberadaan Polisi Wanita di tubuh Polri sama dengan Polisi Pria. Polwan juga merupakan bagian penting dalam keikutsertaan di kegiatan Kepolisian dan kemasyarakatan seperti dalam upaya menangani kasus Covid-19 di Indonesia.

"Polwan itu, di jajaran Polri sudah banyak yang berprestasi dan di tubuh Polri perbedaan gender tidak berpengaruh," ujar Alumnus akpol angkatan 2000 itu.

Perwira dengan dua melati dipundaknya itu juga mengingatkan, Hari Jadi Ke-73 Polisi Wanita Republik Indonesia diharap Polwan menjadi Kartini–Kartini di masa sekarang dan ke depan, semakin memiliki nilai juang yang tinggi dalam memajukan kaum hawa di Indonesia, khususnya kamtibmas di wilayah Manggarai Barat.

"Karena ini memang sudah merupakan cita–cita bangsa dan negara, bahwa tidak ada lagi perbedaan antara pria dan wanita dalam memajukan Indonesia," ungkapnya. *[RS]*