Sukses Laksanakan KTT ASEAN, Labuan Bajo Kembali Dipilih Menjadi Tuan Rumah Gelaran AMMTC

Sukses Laksanakan KTT ASEAN, Labuan Bajo Kembali Dipilih Menjadi Tuan Rumah Gelaran AMMTC

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Setelah sukses menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN, Labuan Bajo yang merupakan Ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT kembali ditunjuk menjadi tuan rumah gelaran ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime atau AMMTC ke 17 yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 sampai dengan 23 Agustus 2023 mendatang. 

AMMTC nantinya dihadiri para delegasi dari negara anggota dan mitra ASEAN yang khusus membahas beberapa kejahatan lintas negara di ASEAN maupun dunia internasional.

Pertemuan itu juga akan dihadiri oleh sepuluh Menteri negara ASEAN yang menangani kejahatan transnasional, kemudian tiga negara mitra dialog yaitu, China, Jepang, dan Korea Selatan.

Selain itu, hadir juga delegasi Timor Leste sebagai pengamat, Chairman Directors-General of Immigration Departments and Heads of Consular Affairs Divisions of the Ministries of Foreign Affairs (DGICM), Kepala Kepolisian Kamboja, dan Sekjen ASEAN beserta delegasi lainnya.

Kepala Kepolisian Resor Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. mengatakan, mulai Selasa (18/07) hingga Rabu (19/07) kemarin, Kadivhubinter Polri, Irjen Pol. Krishna Murti, S.I.K., M.Si. bersama tim survey AMMTC ke 17 datang ke Labuan Bajo guna melakukan koordinasi terkait dengan kesiapan penyelenggaraan event internasional itu di Labuan Bajo.

"Kesiapannya tentunya terkait pengamanan, pengawalan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kelancaran pelaksanaan pertemuan AMMTC ke 17 nantinya," kata Kapolres Mabar di ruang kerjanya, Kamis (20/07/2023) siang.

Ia juga menjelaskan bahwa kurang lebih 200 orang delegasi yang menangani kejahatan internasional akan mengikuti pertemuan di Hotel Merourah Labuan Bajo. Menurut rencana, pertemuan ini akan dibuka langsung oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

"Rencana awal dikonsepkan nanti pertemuan itu akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi, kalau pertemuannya nanti dipimpin langsung oleh Bapak Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.," jelasnya.

Sejauh ini, lanjut Alumni Akpol angkatan 2004 itu, Polres Manggarai Barat terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dalam melakukan survei terhadap beberapa venue yang akan digunakan sebagai lokasi pertemuan dan penginapan para delegasi selama berada di Labuan Bajo maupun spot wisata yang akan dikunjungi para delegasi.

Selain venue, para pelaku UMKM akan dipersiapkan agar dapat terlibat dalam event internasional itu. Hal itu guna memastikan kelancaran pelaksanaan pertemuan AMMTC.

"Kita tidak bisa bekerja sendiri, pemerintah daerah juga harus bantu, dan salah satu kegiatan nantinya akan menggabungkan pawai pembangunan dalam rangka hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan pawai AMMTC, kemudian juga melibatkan para UMKM," ujar Perwira berpangkat AKBP itu.

Menurut Kapolres Mabar, terpilihnya Labuan Bajo sebagai lokasi pertemuan AMMTC menunjukkan bahwa Labuan Bajo layak, baik dari sisi keamanan maupun sarana dan prasarana pendukung.

Ia pun meminta dukungan masyarakat Manggarai Barat untuk bersama menyukseskan event internasional itu.

"Ini menjadi stimulas agar Labuan Bajo makin dikenal di mata dunia, yang harus dipertahankan adalah branding bahwa Labuan Bajo sebagai kawasan destinasi pariwisata super premium ini aman dan nyaman untuk dikunjungi," imbuhnya.**#