Hari Bhayangkara Ke-75, TNI-Polri Bersihkan Pantai dan Rumah Ibadah di Labuan Bajo

Hari Bhayangkara Ke-75, TNI-Polri Bersihkan Pantai dan Rumah Ibadah di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Menyambut Hari Bhayangkara Ke-75, Polres Manggarai Barat melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) bersih–bersih objek wisata dan rumah ibadah di Kota Labuan Bajo, Jumat (25/06/2021) pagi sekitar pukul 07.00 Wita.

Kegiatan tersebut merupakan kerja sama beberapa pihak di antaranya, Polres Manggarai Barat, Koramil 1612-02/Komodo, Klinik Omsa Medic Marina Labuan Bajo dan Aktivis Peduli Lingkungan.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.00 Wita ini berlangsung hingga pukul 10.00 Wita dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan seperti menggunakan masker dan sarung tangan.

Bakti Sosial ini dipimpin langsung oleh Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si., kegiatan dilakukan dengan mengumpulkan sampah–sampah di pesisir pantai, terutama sampah plastik.

"Sampah plastik telah menjadi ancaman yang serius. Tidak hanya sampah yang berasal dari daratan Labuan Bajo, tapi juga sampah dari pelayaran laut dan yang terbawa arus serta dari pulau–pulau kecil sekitarnya," ujar AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

"Tujuannya adalah kita memberikan contoh kepada masyarakat untuk turut aktif dan peduli terhadap kebersihan lingkungan, khususnya kebersihan perairan Taman Nasional Komodo (TNK) dan Pantai yang ada di Labuan Bajo. Ini juga bentuk edukasi kepada masyarakat bahwa menjaga biota laut salah satu caranya adalah menjaga kebersihan lingkungan baik di pantai maupun disekitaran laut, untuk dilaut kita juga menggunakan Kano untuk memungut sampah–sampah yang ada di perairan," jelasnya.

Ia melanjutkan, bersih–bersih sampah di objek wisata ini dilatarbelakangi oleh keadaan lingkungan yang semakin memprihatinkan, di mana terdapat banyak sampah yang ada di laut dan di pesisir pantai.

"Apalagi, Labuan Bajo saat ini sudah menjadi Kota Destinasi Pariwisata Super Premium yang memiliki banyak pantai dan merupakan tempat rekreasi masyarakat, harus bersih dan terlihat indah. Makanya kita mengajak berbagai stakeholder, elemen dan unsur masyarakat bersama–sama membersihkan pantai serta laut," ungkapnya.

Kemudian, Aktifis Peduli Lingkungan Stefan Rafael mengatakan bahwa hari ini adalah hari yang luar biasa, Baksos bersama TNI-Polri dan juga masyarakat untuk melakukan kegiatan kebersihan pantai dan laut.

"Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagian besar gerak hidup berasal dari garis pantai dan kita memulai upaya kebersihan dari pantai, kita pasti bisa karena banyak yang membantu mulai dari TNI-Polri dan masyarakat yang bersatu padu untuk kebersihan Indonesia," katanya.

Selain membersihkan pantai dan laut, kegiatan Baksos hari ini juga difokuskan pada kebersihan rumah ibadah seperti Gereja Pantekosta Bukit Sion, Gereja GMIT Gunung Salmon, Gereja Roh Kudus Labuan Bajo, Masjid Nurul Fallah Waemata dan Pura Agung Giri Segara Labuan Bajo. *[RS]*