Demo Damai, Pedagang Pasar Batu Cermin Menyampaikan 6 Pernyataan Sikap Kepada Pemda Dan DPRD Mabar

Demo Damai, Pedagang Pasar Batu Cermin  Menyampaikan 6 Pernyataan Sikap Kepada Pemda Dan DPRD Mabar

Tribrtanewsmanggaraibarat.com - Dibawah pimpinan Viktor Endi, telah dilaksanakan aksi demo damai dari para pedangang pasar Batu Cermin - kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat, Senin (18/4/16) pukul 09.00 wita pagi tadi.

Aksi demo damai tersebut di mulai dari pasar batu cermin ( titik kumpul) dan menuju kantor Bupati kab. Mabar untuk melakukan aksi damai untuk menyampaikan pernyataan sikap, setelah membacakan pernyataan sikap di halaman kantor Bupati kab. Mabar, 5 orang perwakilan menemui  Bupati Mabar Drs. Agustinus ch. Dulla, guna memberikan pernyataan sikap mereka.

Setelah melakukan orasi dan bertatap muka dengan Bupati Mabar, massa selanjutnya bergerak menuju kantor DPRD kab. Mabar untuk menyampaikan pernyataan sikap dan kembali 5 orang perwakilan menemui ketua DPRD kab Mabar dan anggota dewan untuk menyampaikan pernyataan sikap.

Adapun pernyataan sikap mereka antara lain :

Sehubungan perihal pengumuman resmi dinas perindagkop kab. Mabar tentang pengundian ulang / pembongkaran seluruh stan yang ada di pasar Batu Cermin, maka kami menolak dengan alasan :

  1. Pasar Batu Cermin sudah berjalan 5 tahun dan stan- stan di bagun atas persetujuan dinas perindagkop,
  2. Rencana pembongkaran dan pengundian ulang belum pernah disosialisasikan dan dibicarakan dengan pedagang,
  3. Menolak dan tidak mengakui baik secara organisasi maupun kegiatan dari organisasi pedagang pasar sekota Labuan Bajo sebagai pengelola pasar, khusunya kami pasar Batu Cermin karena melanggar prinsip dan asas organisasi serta hanya dibentuk oleh segelintir orang tanpa melibatkan seluruh pedagang pasar Lbuan Bajo,
  4. Mohon pemerintah dan DPRD kab. Mabar mengecek dan menginfestigasi pemakaian pasar baru yang tidak sesuai dengan kesepakatan anra pedagang sebelum pasar tersebut dibangun.
  5. Kami mohon kepada  Bupati Mabar supaya pengelolan pasar di Labuan Bajo di kembalikan ke dinas pendapatan daerah.
  6. Kami mohon Bupati kab. Mabar untuk mengganti Kadis Perindagkop kab. Mabar, karena tidak mampu mengelola pasar di Labuan Bajo.

Dalam tatap muka perwakilan massa dengan ketua DPRD dan anggota DPRD kab. Mabar akan menyurati Dinas Peperindagop  agar sementara tidak melakukan aktivitas  perombakan di pasar Batu Cermin sebelum adanya rapat antara DPRD, Pemda, Dinas Perindagkop dan perwakilan masyarakat pedagang pasar.

Aksi demo damai tersebut berakhir pukul 11.00 wita dan mendapat pengaman dan pengawalan dari personil Polres Manggarai Barat yang di pimpin langsung oleh Kepala Operasional Polres Mabar, Kompol Thobias Tamonob.

[Yayat-Humas Polres Mabar] IMG-20160418-WA0025 IMG-20160418-WA0021 IMG-20160418-WA0028 IMG-20160418-WA0020 IMG-20160418-WA0027