Beginilah Tradisi Penyambutan Bintara Baru Di Polres Mabar

Beginilah Tradisi Penyambutan Bintara Baru Di Polres Mabar

Tribratanewsmanggaraibarat.com - 18 Bintara baru yang telah menyelesaikan pendidikannya bergabung dengan Kepolisian Resor Polres Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Ke 18 Bintara Baru hari ini, Senin (18/4/16) diterima dengan satu rangkaian tradisi penyambutan.

Ke 18 Bintara remaja yang terdiri dari 14 polki dan 4 polwan tiba di Mapolres Manggarai Barat pukul 08.00 wita, sebelumnya mereka  di mengikuti salah satu tradisi yakni  berlari sejauh kurang lebih 7 kilo meter, yakni start dari SPBU Pasar Baru Labuan Bajo menuju Pantai Pede.

Sesampainya di pantai Pede ke 18 Bintara Remaja tersebut di haruskan masuk ke laut dan menceburkan diri, itulah tradisi penyambutan yang sudah berlangsung di Polres Manggarai Barat bagi setiap Bintara remaja yang akan bertugas di Polres Manggarai Barat.

Selanjutnya dengan berlari Bintara remaja menuju Mapolres Manggarai Barat dibawah pimpinan Kepala Seksi Propam Bripka Agustinus Baru bersama anggota Propam Polres Manggagai Barat.

Setiba di Mapolres, Bintara remaja di sambut oleh Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Polres Manggarai Barat AKP I Gede Sucitra, SH.

Dihadapan Kabag Sumda, para Bintara Remaja memperkenalkan diri masing-masing, selanjutnya kepada para Bintara Remaja Kabag Sumda memebrikan arahan.

"Agar dapat segera beradaptasi di lingkungan Polres serta mengajak bersama-sama melaksanakan tugas dengan baik, ikhlas dan bertanggung jawab. Mengembangkan diri, menambah wawasan, pengetahuan serta keterampilan dengan cara berlajar dari senior dan jangan sungkan serta malu untuk bertanya kepada senior yang ada di masing-masing kesatuan.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai seorang bintara Polri kita harus menjaga sikap dan perilaku serta moral. Belajarlah dari para senior, yang baik di ikuti dan sebaliknya sebaiknya tidak perlu di tiru atau di contohi", ujar AKP I Gede Sucitra, SH.

Pada kesempatan tersebut salah satu Bintara Remaja atas nama Bripda Elfrianti Suhastina, asal Waemata Labuan Bajo, diberikan kesempatan menceritrakan kisah atau liku-likunya berjuang menjadi anggota Polri, mulai dari pendaftaran hingga berhasil menjadi anggota Polri.

Sebelumnya para Bintara remaja menyanyikan lagu syukur dengan cara sujud, hal ini di maksudkan agar para Bintara remaja merenung kembali perjuangan mereka untuk menjadi seorang anggota Polri dan bersyukur atas amanah yang telah mereka terima.

Kegiatan ini merupakan pembinaan dan pemahaman pengenalan lingkungan bagi setiap personel yang baru dalam penempatan tugas disuatu wilayah sangat penting  peranannya sehingga diharapkan personel dapat segera mengetahui karakteristik  maupun situasi lingkungan wilayah dimana akan bertugas nantinya.

Setelah ditempa dilembaga pendidikan ke18 personel Bintara remaja akan mengikuti orientasi  pembinaan materi tugas pokok dan fungsi teknis Kepolisian dari masing-masing Satuan Fungsi, mereka juga menjalani pembinaan fisik untuk mendukung tugas dan fungsi nantinya di lapangan, yang akan di buka oleh Kapores Manggarai Barat AKBP Dr. Supiyanto, M.Si, pada hari Selasa (18/4/16) besok.

[oryfes-Humas Polres Mabar]

IMG-20160418-WA0046 IMG-20160418-WA0037 IMG-20160418-WA0042 IMG-20160418-WA0040 IMG_20160419_003310 IMG_20160419_003530 IMG_20160419_003621 IMG_20160419_003703