Bersama Forkopimda, Kapolres Manggarai Barat Hadiri Upacara Virtual Detik–Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-76 Tahun

Bersama Forkopimda, Kapolres Manggarai Barat Hadiri Upacara Virtual Detik–Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-76 Tahun

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. menghadiri Upacara Virtual detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 di Aula Pemda Manggarai Barat, Jalan Frans Nala, Labuan Bajo, Selasa (17/8/2021) pagi.

Upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 tahun 2021 ini mengusung tema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh."

Tema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh" mendeskripsikan nilai–nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Dalam upacara secara Virtual tingkat Kabupaten Manggarai Barat juga turut diikuti Bupati Mabar Edistasius Endi, SE, Wakil Bupati Mabar dr. Yulianus Weng, M.Kes., Ketua DPRD Mabar Martinus Mitar, A.md., Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav. Ivan Alfa, S.Sos., Danlanal Labuan Bajo Mayor Laut (KH) Budi Purworto, S.T., M.T., Ketua Pengadilan Negeri Labuan Bajo Ni Made Dewi Sukrani, S.H., Ketua Pengadilan Agama Labuan Bajo Tomi, S.H., Danki Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Manggarai Barat AKP Raymundo De Jesus, S.H., Danpos AU Lettu Kal. Sigit Gunarto dan Kepala BOPLBF Mabar Shana Fatina serta anggota Paskibraka Kabupaten Manggarai Barat.

Meski dilakukan secara virtual, namun kegiatan yang tampak berjalan khidmat itu juga dilaksanakan dengan tetap mengikuti disiplin Protokol Kesehatan dan setiap peserta yang memasuki Aula Pemda Manggarai Barat telah melaksanakan Rapid Test Antigen serta memiliki Hasil Negatif (Non Reaktif).

Sedangkan untuk acara ceremonial peringatannya sendiri dilakukan di Istana Negara Jakarta yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Ditemui selesai pelaksanaan kegiatan tersebut, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. memberikan ucapan selamat di Hari Kemerdekaan kali ini. 

"Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, Merdeka!!!," ungkap Kapolres Manggarai Barat dengan penuh semangat.

Ia juga mengatakan saat ini Indonesia sedang menghadapi ujian akibat pandemi Covid-19 yang berdampak multidimensi baik kesehatan, ekonomi serta sosial.

"Dimasa pandemi ini sebagai bangsa yang besar, kita sedang diuji, apakah kita dapat bersatu padu membawa bangsa ini bangkit dari keterpurukan kesehatan dan ekonomi yang menghantam. Jangan biarkan semangat persaudaraan, gotong–royong dan solidaritas pudar," tuturnya.

Perwira dengan bunga dua dipundaknya itu juga berharap, di momen kemerdekaan tahun ini, seluruh rakyat Indonesia akan semakin bersatu dalam setiap langkah dan pengabdiannya terhadap bangsa dan negara.

Lebih dari itu, di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid-19 (Corona) saat ini, dia juga berpesan untuk saling bergotong–royong dan bahu–membahu dalam upaya pencegahan maupun penanganannya.

"Mari kita manfaatkan momentum kemerdekaan ini untuk senantiasa bahu–membahu agar pandemi ini dapat segera berakhir dan bangkit dari berbagai dampak yang telah ditimbulkan," katanya, seraya terus mengajak. 

Alumnus Akpol angkatan 2000 itu pun memberi apresiasi kepada semua pihak di Manggarai Barat yang sudah kompak bersama mengatasi dampak kesehatan dan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

"Polres Manggarai Barat dengan semangat Kemerdekaan akan terus membatu pemerintah dalam memutus mata rantai Virus Covid-19, Kami berharap bisa berjuang bersama dalam memerangi virus ini. Agar Indonesia secepatnya pulih kembali," pungkas AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

"Selain itu, sesuai Intruksi Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 ini juga dilaksanakan di lapangan apel Mapolres Manggarai Barat yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Mabar Kompol Eliana Papote, S.I.K., M.M. dan diikuti oleh personil Polres Manggarai Barat, personil Brimob Kompi 4 Yon B Manggarai Barat dan Pos Pol Air Polda NTT," tambahnya. *[RS]*