Antisipasi Lonjakan Covid-19, Kapolres Manggarai Barat dan Dandim 1612/Manggarai Tinjau Ruang Isoter

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Kapolres Manggarai Barat dan Dandim 1612/Manggarai Tinjau Ruang Isoter

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Berbagai upaya terus dilakukan oleh TNI-Polri dalam mencegah lonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia terlebih khusus di Kabupaten Manggarai Barat. 

Oleh karena itu, hari ini Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si bersama Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav. Ivan Alfa, S.Sos melakukan peninjauan langsung ruang Isolasi Terpadu (Isoter) yang berlokasi di RSUD Pratama Komodo Labuan Bajo, Sabtu (18/08/2021) Siang sekitar pukul 11.00 Wita.

Peninjauan langsung tersebut dilaksanakan dalam rangka meninjau kesiapan lokasi, sarana, dan prasarana ruang Isoter guna antisipasi adanya lonjakan pasien Covid-19 di Manggarai Barat.

"Saya bersama Dandim 1612/Manggarai melakukan tinjauan langsung dan pengecekan kesiapan ruang isolasi terpadu untuk mengetahui sarana prasarana di tempat isolasi terpadu di RSUD Pratama Komodo guna antisipasi sedini mungkin lonjakan Covid-19 di masa PPKM Level III di Manggarai Barat," kata AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

"Ruang Isoter ini juga disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 yang membutuhkan isolasi," tambahnya. 

Alumnus Akpol angkatan 2000 itu juga mengatakan, fasilitas Isoter di RSUD Pratama Komodo berkapasitas sebanyak 42 buah tempat tidur dan untuk gedung baru berkapasitas 20 buah tempat tidur serta perlengkapan penunjang lainnya.

"Ruang isolasi terpadu selain disiapkan untuk antisipasi lonjakan Covid-19 juga direncanakan untuk memindahkan pasien Covid-19 yang di Isolasi di Gedung Olah Raga (GOR) Manggarai Barat dan menampung para warga masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah yang tidak memenuhi protokol kesehatan," jelasnya.

Selain itu, jajaran Polres Manggarai Barat, akan terus melakukan backup terhadap pelaksanaan tracing, tracking dan treatment (3T) oleh tenaga kesehatan, dalam rangka memutus rantai penyebaran dan penularan Covid-19.

"Kami dari jajaran Polres Manggarai Barat dan TNI, setiap saat membantu Pemerintah Daerah khususnya tenaga kesehatan dalam menjalankan 3T, dengan harapan kegiatan tersebut akan memutus rantai penyebaran dan penularan Covid-19 sampai ke titik nol," ungkap Kapolres Manggarai Barat.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Kodim 1612/Manggarai Letkol Kav. Ivan Alfa, S.Sos. berpesan, menyikapi perkembangan Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat, warga agar betul–betul menerapkan Protokol Kesehatan untuk antisipasi Covid-19. 

"Kepada warga masyarakat, kami imbau agar selalu disiplin protokol kesehatan, minimal 5M wajib dilakukan, yaitu menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas," tandas Dandim.

"Kami juga akan terus mendukung langkah langkah percepatan penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Kami bersama Polres Manggarai Barat akan terus mendukung tugas tugas percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat. Kegiatan pencegahan terus kita galakkan," imbuhnya.

"Namun demikian kami harapkan peran serta masyarakat agar membiasakan disiplin protokol kesehatan," pungkas Dandim.

Ia juga meminta agar para Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk membagi jadwal pada hari sabtu dan minggu sehingga tidak terjadi kekurangan Nakes di lokasi Isoter. 

"Untuk hari sabtu dan minggu Tenaga Kesehatan agar masuk setengah hari jangan sampai libur total, karena apabila tenaga kesehatan libur maka akan bertambah yang terpapar Covid-19," tegasnya. 

Ucapan terima kasih juga disampaikan Letkol Kav. Ivan Alfa, S.Sos. kepada para Tenaga Kesehatan dan relawan di Manggarai Barat dalam menangani pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia.

"Terima kasih kepada pada Tenaga Kesehatan dan relawan yang saat ini tak mengenal pagi, siang, atau malam, berjuang dan bekerja keras menangani pandemi Covid-19," ucapnya. 

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Sekda Manggarai Barat Fransiskus Sales Sodo, 
Direktur Utama RSUD Pratama Komodo yang diwakili oleh KTU Thomas Alfa Edison, S.Kep. didampingi dr. Andre Kepala Seksi Penanganan Covid-19 RSUD Pratama Komodo. *[RS]*