Wujudkan Situasi Yang Aman dan Kondusif, Unit Turwali Satuan Samapta Rutin Patroli Malam

Wujudkan Situasi Yang Aman dan Kondusif, Unit Turwali Satuan Samapta Rutin Patroli Malam

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas diwilayah Kota Labuan Bajo yang aman dan Kondusif, Unit Turwali Satuan Samapta Polres Manggarai Barat rutin melakukan patroli pada malam hari.

Kapolres Mabar AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si melalui Kepala Satuan Samapta Iptu Lukas Bao Lile mengatakan pelaksanaan  Patroli yang dilaksanakan pada malam hari bertujuan untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusif sehingga masyarakat merasa tenang dan nyaman dalam menjalankan aktivitasnya.

“Anggota yang melaksanakan tugas, diberikan Arahan Petunjuk Pimpinan (APP), sehingga dalam bertindak tidak menunjukan sikap arogansi melainkan lebih mengedepankan sikap humanis kepada masyarakat,” ucapnya. 

Dikatakan, upaya yang selama ini dilakukan oleh anggota, sifatnya dialog dengan masyarakat untuk menyampaikan pesan kamtibmas. 

“Tujuannya agar masyarakat lebih memahami pesan yang kita sampaikan, selain itu hubungan emosional antara petugas dan masyarakat menjadi lebih dekat,” pungkasnya.

Lebih lanjut Iptu Lukas mengatakan, lokasi yang menjadi sasaran kegiatan patroli yakni tempat perkumpulan masyarakat di sepanjang jalur yang ada di seputaran kota Labuan Bajo, Bandara Udara Komodo Labuan Bajo, Dermaga Marina Labuan Bajo, kantor Bank BRI, BNI, BCA dan Bank NTT, SPBU dan tempat-tempat hiburan malam maupun perhotelan yang ada di kota Labuan Bajo dan sekitarnya.

Iptu Lukas berpesan kepada masyarakat, apabila ditemukan hal-hal yang mencurigakan maupun adanya situasi yang mengganggu kamtibmas agar segera melaporkan kepada petugas untuk ditindak  lanjuti. 

“Kami berharap masyarakat berperan aktif untuk membantu tugas Kepolisian,” Tutupnya.