Wakili Kapolsek, Kanit Reskrim Polsek Kuwus Hadiri Penyuluhan Penanggulangan Bencana Alam

Wakili Kapolsek, Kanit Reskrim Polsek Kuwus Hadiri Penyuluhan Penanggulangan Bencana Alam

Tribratanewsmanggaraibarat.com -Dalam rangka mengantisipasi bencana yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Manggarai Barat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manggarai Barat (Mabar) menggelar Penyuluhan Penanggulangan dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana di Aula Kantor Camat Kuwus. Rabu, (21/11/18) Pukul 10.30 WITA.

Hadir dalam penyuluhan tersebut, Kepala BPBD Mabar Yohanes Jaman, A. Md, Kapolsek Kuwus yang diwakili oleh Kanit Reskrim Aiptu I Gede Darma Wijaya, Camat Kuwus Fransiskus beserta staf, Babinsa 1612-08 Serka Fabianus Gabi, Para Kepala Desa dan Siswa SMK/SMA di Kecamatan Kuwus.

Dikatakan Camat Kuwus, dalam sambutannya, Manggarai Barat saat ini telah memasuki musim penghujan yang berpotensi terjadinya tanah longsor dan puting beliung.

Senada dengan Camat Kuwus, Kabid BPBD menjelaskan perlu kesiagaan bila terjadi longsor yang acapkali di akibatkan oleh erosi tanah, gempa bumi, gunung meletus, getaran, tingginya curah hujan, hancurnya bebatuan dan hutan gundul.

“Upaya pecegahan yang bisa dilakukan yakni perencanaan dan penataan tata ruang berdasarkan analis resiko, penyelenggaraan pendidikan, pelatihan dan penyuluhan, reboisasi di daerah yang gundul, dan pembangunan tanggul di daerah rawan longsor,” Papar Kabid BPBD.

Sedangkan untuk bencana puting beliung bisa terjadi akibat pertemuan udara panas dan dingin.

“Untuk pencegahan dan kesiagaan bencana puting beliung, bisa dilakukan langkah-langkah antara lain mengenali tempat saudara tinggal, reboisasi, membuat gunaan yg kuat dan permanen, membuat perlindungan di bawah tanah” Lanjutnya.

Giat ini berlangsung hingga pukul 12.30 dengan situasi aman terkendali.