Wakapolres Mabar Hadiri Peresmian Politeknik El Bajo

Wakapolres Mabar Hadiri Peresmian Politeknik El Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com- Wakapolres Manggarai Barat (Mabar) menghadiri peresmian kampus sekaligus kuliah umum Kemenristekdikti di Politeknik El Bajo Commodus, Kelurahan Wae Kelambu, Komodo, Manggarai Barat (Mabar), Jumat (01/03/19) Sore.

Tampil sebagai pengampu kuliah umum Dirjen Kemenristek Dikti Prof. Dr. Patdono dan Kepala Kelembagaan Distek Dikti Prof. Nengah Astawa.

Hadir pula Bupati Mabar Drs Agustinus Ch. Dulla, Para Pejabat Utama Polres Mabar, Kepala Yayasan Anak Negeri, Direktur Kampus Politeknik EL Bajo Commodus, Para Pimpinan OPD Kabupaten Mabar, Para ketua komunitas Kabupaten Mabar, Para Siswa SMA sederajat sekitar kota Labuan Bajo dan Tokoh Masyarakat

Kehadiran Politeknik El baljo merupakan jawaban atas cita-cita pemerintah Mabar dalam sektor pendidikan sejak berdirinya Manggarai Barat 16 Silam.

“Kami merindukan perguruan tinggi di Manggarai Barat karena perguruan tinggi adalah mahkota Manggarai Barat dan dengan adanya perguruan tinggi ini maka jati diri sebuah daerah sudah ada” Ujar Bupati Manggarai Barat dalam sambutannya

Bupati Juga berharap para lulusuan Politeknik El Bajo nantinya dapat mendukung kepariwisataan Mabar melalui karya maupun produk kreatif yang dihasilkan.

Senada dengan Bupati, Dirjen Menristekdikti Prof. Dr. Patdono menyebut pemerintah merasa terbantu dengan kehadiran perguruan tinggi Swasta dalam rangka percepatan perkembangan pendidikan di Indonesia.

“Bayangkan kalau tidak ada pihak swasta yang membantu membangun perguruan tinggi maka perkembangan pendidikan di Indonesia pasti sangat lambat oleh karena itu kami dari pemerintah mengucapkan limpah terima kasih atas partisipasinya” Terang Patdono

Lebih lanjut, Patdono juga mengatakan kehadiran politeknik sangat efekif dalam menunjunang sektor pariwisata lantaran ada spesialisasi keahlian langsung melalui praktek dilapangan.

“Sesuai permintaan presiden Jokowi bahwa semua lulusan politeknik minmal 3 bulan harus dapat kerja, maka dari itu lulusan politeknik tidak diwisudakan tapi diberikan sertifikat sebagai dasar melamar pekerjaan di perusahaan atau industri” Lanjutnya.

Selain itu, Kepala Kelembagaan Distek Dikti Prof. Nengah Astawa menghimbau kepada para lulusan SMA sederajat agar berkuliah di Politeknik El Bajo karena beberapa perusahan Labuan Bajo membutuhkan tenaga kerja lokal.

“Beberapa perusahaan di Labuan Bajo seperti PT. ASDP, Marina dan Hotel Ayana Resort menginginkan tenaga kerja lokal terutama mereka yang lulusan dari Politeknik El Bajo” Pungkas Nengah