Wakapolres dan Pejabat utama beserta Personil Polres Mabar mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2017

Wakapolres dan Pejabat utama beserta Personil Polres Mabar mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2017

20171110_094118-01-01 Tribratanewsmanggaraibarat.com - Wakapolres Manggarai Barat, KOMPOL Jacky T. Umbu Kaledi, SH, SIK, MM beserta pejabat utama dan Personil Polres Manggarai Barat mengikuti upacara memperingati Hari Pahlawan tahun 2017 bertempat di kantor Bupati Manggarai Barat, Jumat (10/11/2017).

Dalam upacara tersebut, juga dihadiri oleh para forkopimda , pejabat perangkat daerah Kab.Manggarai Barat, organisasi kewanitaan dan para undangan lainnya. Sedangkan peserta upacara diantaranya, dari TNI,POLRI, Pol PP, PNS dan para Siswa-Siswi dari berbagai sekolah di yang ada di kota Labuan Bajo baik tingkat SMA, SMP serta SD.

Bertindakl sebagai Inspektur upacara Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus CH. Dulla berkesempatan membeacakan amanant Menteri Sosial RI yang mana menjelaskan bahwa, Peringatan Hari Pahlawan 10 November adalah agenda nasional yang diperingati setiap tahun baik di dalam negeri maupun luar negeri. Peringatan Hari Pahlawan juga merupakan salah satu bentuk penghormatan atas jasa dan perjuangan para Pahlawan dan Pejuang. Dengan semangat pantang menyerah dan tanpa pamrih, mereka rela mengorbankan jiwa dan raga demi membela dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, sebagaimana yang terjadi pada Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya adalah pertempuran terbesar setelah Indonesia merdeka yang menelan korban jiwa yang cukup besar. Sehingga untuk mengenang peristiwa heroik tersebut maka tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan dengan harapan masyarakat dapat memahami makna yang terkandung dalam peristiwa pertempuran 10 November untuk selanjutnya tergugah mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur Pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila setiap komponen bangsa memiliki kesadaran tersebut, maka bukan hal yang mustahil bangsa Indonesia akan dapat menghadapi ancaman, hambatan dan gangguan yang datang, baik dari dalam maupun luar negeri. Semangat dan Nilai-nilai Kepahlawanan sangat relevan untuk terus ditumbuhkembangkan, apalagi saat ini kondisi bangsa Indonesia sangat memprihatinkan. Banyak masyarakat saling menghujat, saling fitnah, saling melakukan tindakan kekerasan, bahkan melakukan aksi terror yang mengancam keamanan serta tindakan lain yang dapat berakibat pada perpecahan bangsa. Untuk itu sangatlah tepat tema Hari Pahlawan tahun 2017 adalah “PERKOKOH PERSATUAN MEMBANGUN NEGERI” , dengan harapan segenap komponen bangsa Indonesia dapat lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi atau golongan. Terus memelihara persatuan dan kesatuan untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah dengan susah payah didirikan oleh para pendiri negeri ini. 2 Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan 2017 Berkenaan dengan hal tersebut, melalui Peringatan Hari Pahlawan tahun 2017, diharapkan segenap komponen bangsa dapat turut berperan aktif menyemarakkan Peringatan Hari Pahlawan sesuai dengan kemampuan dan profesi masing-masing. Peran aktif tersebut kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, namun juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan bangsa dan negara.

Adapun tujuan dari Peringatan Hari Pahlawan tahun 2017 yakni, membangun ingatan kolektif untuk menggerakan kesadaran untuk menggerakkan kesadaran berbangsa dan bernegara, yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, memperkokoh nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakwanan Sosial demi tegak dan utuhnya NKRI serta meningkatkan kebanggan sebagai bangsa dan negara Indonesia.*[ory]*