Tangkal Covid-19, Kapolres Mabar Tinjau Lokasi Check Point Dalam Kota Labuan Bajo

Tangkal Covid-19, Kapolres Mabar Tinjau Lokasi Check Point Dalam Kota Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19), Kapolres Manggarai Barat AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si., didampingi oleh Kasat Lantas Polres Mabar IPTU Firamuddin, S.H., meninjau beberapa lokasi Check Point yang ada di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Rabu (6/5/2020).


Kedatangan Kapolres Mabar tersebut, guna melakukan pengecekan secara langsung proses pemberlakuan pembatasan akses serta protokol kesehatan yang dijalankan di lokasi Check Point.


Kapolres Mabar AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si., menuturkan, dalam penanganan pandemi Covid-19, pihaknya bersama Pemerintah Daerah, unsur TNI dan stakeholder lainnya selalu bersinergi dan saling support satu sama lain.


“Koordinasi, kerjasama dan kolaborasi selalu kita kedepankan sehingga dalam bertindak mengacu pada satu visi dan misi yang sama yakni Kabupaten Manggarai Barat bebas dari paparan Covid-19,” ungkapnya.


Disampaikan AKBP Handoyo, kedatangan Saya ini guna melihat secara langsung proses pencegahan penyebaran Virus Corona di lokasi Check Point.


Menurutnya, proses pencegahan penyebaran virus tersebut mulai dari pendataan dan identifikasi, pemeriksaan kesehatan dan suhu tubuh hingga penyemprotan kendaraan menggunakan cairan disinfektan.


“Kita cek kebutuhan personel baik pengamanan maupun petugas medis yang memadai, perangkat dan peralatan penunjang serta proses kegiatan yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan petugas harus memiliki pengetahuan dasar pemeriksaan orang,” terangnya.


“Check Point digunakan sebagai pos pemberian himbauan, pembatasan lalu lintas manusia dan pengecekan kelengkapan APD dasar, bukan dalam rangka menyatakan lokasi tempat pos sebagai zona merah, dan petugas pos tidak diperkenankan memberikan pernyataan publik kepada media, semua keterangan pers harus terpusat melalui Ketua Gugus Tugas/Juru Bicara dalam koordinasi dengan Media Center,” tambahnya.


Diharapkan, lanjut AKBP Handoyo, masyarakat mendukung semua langkah-langkah yang telah diambil oleh pemerintah dalam penanganan Covid-19 ini.


“Dalam hal ini kami juga meminta kepada masyarakat untuk disiplin dan taat menjaga jarak minimal 1,5 meter, menggunakan masker, menerapkan physical distancing dengan tidak keluar rumah jika tidak perlu serta sering cuci tangan dan menjalankan pola hidup sehat,” jelasnya.


Ditambahkan Kapolres Mabar, kita semua optimis pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Namun itu semua tidak akan terwujud tanpa bantuan dan dukungan dari semua elemen masyarakat.


“Patuhi semua yang telah menjadi kebijakan pemerintah. Lakukan physical distancing dan tetap waspada, jangan panik serta jaga kesehatan,” pungkasnya.*(RS)*