350 Personil Polres Mabar Ikuti Tes Kesamaptaan Jasmani di Labuan Bajo

350 Personil Polres Mabar Ikuti Tes Kesamaptaan Jasmani di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Sebanyak 350 personil Polres Manggarai Barat (Mabar) dan Polsek jajaran melaksanakan kesamaptaan jasmani rutin pada semester pertama tahun 2023 guna mendapatkan nilai Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) di Lapangan Mako Polres Manggarai Barat, Jumat (17/03/2023) pagi.

Nilai Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) sangat berpengaruh pada jenjang karier personel Kepolisian. Hal itu dikatakan Kapolres Manggarai Barat, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si. melalui Kabag SDM, AKP Hajairin, kegiatan yang berlangsung selama satu hari itu juga disediakan makanan bubur kacang untuk menambah nutrisi personil Polres Mabar.

Dalam TKJ yang diikuti anggota Polres Manggarai Barat ini, para personel wajib melaksanakan beberapa jenis olahraga. Olahraga yang dimaksud adalah lari 12 menit, pull up, sit up, push up, dan shuttle run (lari membentuk angka delapan).

"Sebelum melaksanakan lima jenis tes tersebut, mereka wajib melakukan pengecekan kesehatan yang dilakukan Sie Dokkes Polres Mabar, untuk memastikan kondisi kesehatan para peserta," kata Kabag SDM.

Kegiatan TKJ ini digelar Bagian Sumber Daya (Bag SDM) Polres Manggarai Barat setiap enam bulan sekali dan diikuti oleh seluruh personel. Baik dari jenjang perwira, bintara, serta anggota Polsek jajaran.

"Saya berharap kepada seluruh personel, agar mengikuti kegiatan TKJ ini dengan bersungguh-sungguh dan serius. Bagi yang mempunyai riwayat sakit atau masuk golongan empat jangan dipaksakan untuk mengikutinya," ucap AKP Hajairin.

Dirinya juga menegaskan, nilai TKJ ini masuk dalam 13 komponen penilaian personel Polri. Pihaknya mengimbau kepada para personel agar dalam pelaksanaan TKJ wajib dilakukan secara serius.

Dijelaskan kegiatan TKJ ini dilaksanakan secara berkala bertujuan untuk mengukur kemampuan fisik para personel Polres Manggarai Barat serta memelihara kesehatan agar selalu siap menjalankan tugas-tugas Kepolisian.

"Dengan adanya kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) ini, diharapkan setiap personel dapat menjaga kebugaran jasmani agar tetap prima, sehingga dalam melaksanakan tugas Kepolisian sehari-hari sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dapat berjalan maksimal," jelas mantan Kasat Binmas Polres Mabar itu.

"Selain itu, kegiatan ini juga demi menjaga fisik anggota Polres Mabar dalam menghadapi tantangan tugas kedepan menjelang pelaksanaan Asean Summith Ke-42 pada bulan Mei 2023 mendatang," tambahnya.

Pihaknya juga mengungkapkan, pelaksanaan TKJ ini dilakukan sekaligus sebagai sumber dalam sistem penilaian perorangan.

"Selain aspek mental dan akademis, juga dinilai dari aspek jasmani dan karena itu diadakan TKJ setiap enam bulan sekali sebagai bagian dari program Polri untuk menjaga kesiapan stamina serta kesiapan personel Polri dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Kepolisian," tutupnya.**#