Sukseskan KTT ASEAN, Polisi Perketat Keamanan Bandara dan Pelabuhan di Labuan Bajo

Sukseskan KTT ASEAN, Polisi Perketat Keamanan Bandara dan Pelabuhan di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepolisian Resor Manggarai Barat memperketat pintu masuk dan pintu keluar Kabupaten Manggarai Barat. Seluruh fasilitas umum dijaga dan dilakukan razia rutin. Hal itu dilakukan jelang puncak pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN pada 9-11 Mei 2023.

Polres Manggarai Barat juga mendapat tugas pengamanan wilayah kawasan dengan melibatkan personel Polres dan Polsek jajaran untuk melakukan pemeriksaan terhadap orang maupun barang yang masuk ke Kabupaten Manggarai Barat.

"Lima pintu masuk terbesar di Kabupaten Manggarai Barat dijaga ketat personel Polri. Mulai dari Bandara Internasional Komodo, Pelabuhan Pelni, Pelabuhan ASDP, Pelabuhan Multipurpose hingga perbatasan antar Kabupaten. Pelabuhan kecil (tradisional) yang berpotensi menjadi tempat masuknya para pelaku kejahatan juga kita awasi", kata Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M., Senin (08/05/2023) Sore.

Menurut dia, diperketatnya seluruh pintu keluar masuk Kabupaten Manggarai Barat dilakukan guna menciptakan situasi Kamtibmas yang aman menjelang puncak KTT Ke-42 ASEAN. 

"Sejumlah side event KTT ASEAN terus diselenggarakan di Labuan Bajo Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat. Bahkan saat ini sedang berlangsung pengamanan Festival Gua Batu Cermin dan Pesta Rakyat di Lapangan Wae Kesambi", tambahnya.

Perwira melati dua dipundak ini mengungkapkan, pengamanan KTT Ke-42 ASEAN melibatkan seluruh unsur dari aparat keamanan. Polri telah mengerahkan ribuan personel yang tergabung dalam Operasi Komodo-2023.

"Selain aparat keamanan, kita juga harapkan peran masyarakat membantu mengawasi dan menjaga keamanan di lingkungan masing-masing agar segala sesuatu tidak terjadi", ujarnya.

Sistem pengamanan seluruh rangkaian kegiatan KTT Ke-42 ASEAN menggunakan sistem terbuka dan tertutup, dengan cara bertindak preemtif, preventif dan represif. Sedangkan pola pengamanan dengan membagi lokasi kegiatan menjadi 4 zona yakni ring 1, 2 dan 3 serta Kawasan.**#