Polisi Terjunkan Puluhan Personil Amankan Pendaftaran Pilkada Manggarai Barat

Polisi Terjunkan Puluhan Personil Amankan Pendaftaran Pilkada Manggarai Barat

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat menerjunkan puluhan personel mengamankan tahapan pendaftaran pasangan calon kepala daerah dalam Pilkada Manggarai Barat 2024 pada Kamis (29/08/2024) pagi.

Hal ini, guna memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melalui tahapan-tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun ini.

Hari ini, dijadwalkan 3 pasangan calon akan mendaftarkan diri ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manggarai Barat di jam berbeda. Untuk pasangan Edistasius Endi, SE - dr. Yulianus Weng, M.Kes. dijadwalkan mendaftar pada pukul 08.00 Wita, kemudian pasangan Christo Mario Yosephino Pranda - Richardus Tata Santani dijadwalkan mendaftar pada pukul 13.00 Wita dan pasangan Bernadus Barat Daya - Marselinus Jeramun dijadwalkan mendaftar pada pukul 17.00 Wita.

Kapolres Mabar, AKBP Christian Kadang, S.I.K. mengatakan, dalam tahapan pendaftaran pihaknya telah melakukan persiapan matang menghadapi kemungkinan gangguan selama proses pendaftaran berlangsung.

"Selama tahap pendaftaran kami siagakan 66 personel yang tersebar di berbagai titik strategis di kantor KPU Manggarai Barat. Ini untuk memastikan bahwa proses pendaftaran berjalan dengan aman dan lancar tanpa hambatan apapun," kata Kapolres Mabar.

Ia menjelaskan Polres Manggarai Barat tidak akan underestimate dan akan melaksanakan pengamanan secara maksimal terhadap kegiatan pendaftaran pasangan calon (Paslon) di KPU Manggarai Barat itu.

"Kami sudah melakukan pemetaan terhadap kerawanan saat pendaftaran paslon. Hasil pemetaan inilah dijadikan dasar untuk menempatkan personel kepolisian di lapangan untuk melakukan pengamanan terbuka maupun tertutup sehingga tidak ada gesekan apapun saat tahap pendaftaran," jelasnya.

Lanjutnya, Polres Manggarai Barat melaksanakan pengamanan berpedoman pada SOP (Standard Operational Procedure) yang ada, dengan mengedepankan pendekatan humanis. Pengamanan ini dilaksanakan mulai dari pagi hingga malam.

"Kami melaksanakan pengamanan secara terpadu dengan mengedepankan kegiatan pengamanan secara preemtif, preventif dan penegakan hukum," ujar Alumni Akpol angkatan 2006 itu.

Kapolres Mabar juga memastikan anggota Korps Bhayangkara tetap netral dan tidak melakukan politik praktis pada Pilkada serentak 2024.

"Kami akan menjaga netralitas saat mengamankan seluruh tahapan Pilkada serentak 2024. Sekali lagi saya tegaskan, kepolisian tidak akan memihak ke salah satu paslon," tegasnya.

Mantan Danyon A Resimen III Pasukan Pelopor Korbrimob Polri ini mengajak seluruh masa pendukung paslon untuk ikut menjaga kondusifitas keamanan, tertib dan mentaati aturan yang ada.

"Mari wujudkan Pilkada yang aman dan damai. Pegang teguh konsep lonto leok agar suhu politik tetap sejuk demi terwujudnya Manggarai Barat yang damai," imbaunya.**#