Satuan Binmas Hadiri Pelantikan Saka Bhayangkara Ranting Lembor

Satuan Binmas Hadiri Pelantikan Saka Bhayangkara Ranting Lembor

Tribratanewsmanggaraibarat.com- Polsek lembor menggelar rangkaian Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dan Upacara Pelantikan Pengurus Satuan Karya (Saka) Bhayangkara Kecamatan Lembor di Halaman Mako Polsek Lembor , Sabtu, (03/11/18) Kemarin Sore. Dalam kesempatan tersebut. Pihak Polres Manggarai Barat yang diwakili oleh Rombongan Satuan Binmas turut hadir dan disambut dengan kemeriahan aksi drumband oleh 125 anggota Saka Bhayangkara Kwaran 241606 Lembor yang berasal dari beberapa sekolah antara lain SMK Negeri 01 Lembor selatan, MA Jabal nur Watu Lendo, SMK Santa Theresia Lembor selatan, SMAK Santa Famili Wae nakeng, SMA Negeri 01 Welak, MA Salahuddin Nangalili.

Tampak hadir, Kasat Binmas Iptu Simpronius Naro bersama anggota, KBO Binmas Aiptu Abnel Tamonob, Sekcam Lembor Gabriel Ferdi, S.Pd, Kapolsek Lembor Ipda Matheos A. D. Siok, Dandramil 1612-06 Lembor Lettu Inf Ignasius Labu, Sekretaris Kawaran Adnan Abdurahman S.Pd, Ketua Bhayangkari Ranting Lembor dan anggota Bhayangkari.

Tidak hanya itu, rombongan pihak Polres Mabar juga diterima secara adat manggarai di Pintu Gerbang Mako Polsek Lembor oleh toko masyarakat setempat.

Menurut Kapolres Manggarai Barat melalui Kasat Binmas, dalam sambutannya, kegiatan pramuka memiliki peranan penting yang tak terbatas pada lembaga pendidikan tapi amat melekat sampai ke lapisan masyarakat. Hal ini yang mendorong pihak kepolisian untuk mewadahi kegiatan pramuka dalam bentuk satuan kerja bhayangkara di bawah naungan kepolisian .

“Kakak - kakak sekalian yang saya hormati dan Adik - adik yang saya banggakan. Satuan karya bhayangkara telah diresmikan dalam keputusan Kawarnas Gerekan Pramuka No. 0159 tahun 2011 tentang penyelenggaraan saka bhayangkara di bawah naungan Kepolisian Republik indonesia dengan beberapa korda diantaranya Sars, Tertib lalu lintas, Keamanan lingkungan, dan TP TKP Oleh karena itu perlu dibentuknya kepengurusan saka mulai dari tingkat ranting sampai Nasional.,” papar Kasat Binmas

Terakhir kasat binmas, mengajak kepada para peserta untuk terus aktif dalam mendukung gerakan pramuka.

“Kakak - kakak sekalian yang saya hormati dan Adik - adik yang saya banggakan. Gerakan Pramuka merupakan satu - satunya organisasi harapan bangsa untuk para kaula muda oleh karena itu diharapkan kepada semua pihak untuk mendukung organisasi ini agar pelaksanaan nya berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan seperti pepatah mengatakan Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi, Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi,” lanjutnya

Usai upacara, dihari yang sama, turut dilangsungkan sejumlah pelatihan dan pembekalan kepada peserta Saka Bhayangkara, antara lain materi PBB oleh Anggota Polsek Lembor oleh Briptu Bobby P.E, materi Reskrim oleh Kanit Reskrim Polsek Lembor Bripka Walterius Sair, S.IP, Materi Kesehatan Reproduksi oleh staf BKKBN Lembor, materi Lalu lintas dan Kenakalan Remaja oleh Kanit Bimas Sektor Lembor Bripka Yohanis R. Buntala.

Esoknya, dihari kedua, minggu (04/11/18) hari ini dilanjutkan dengan materi SAR dan praktek oleh Babinkamtibmas Desa Pondo Brigpol Ardianus Donbosko, sebelum akhirya dilakukan upacara penutupan.