Wakapolres Mabar Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Labuan Bajo

Wakapolres Mabar Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Hari Pahlawan merupakan momentum untuk menghormati jasa-jasa para Pahlawan Nasional yang telah berjuang melawan penjajah demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, dan diperingati setiap tanggal 10 November.

Untuk itu, Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 di lapangan apel Mapolres setempat, Jumat (10/11/2023) pagi.

Upacara Hari Pahlawan kali ini seluruh pejabat upacara menggunakan pakaian PDU I dengan ditandai pengibaran sang saka merah putih, pembacaan UUD 1945 dan Naskah Pesan Para Pahlawan Nasional.

Upacara juga melibatkan seluruh anggota kepolisian itu untuk semakin menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air khususnya di lingkungan kepolisian yang berada di kawasan super premium tersebut.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Wakapolres Manggarai Barat, Kompol Budi Guna Putra, S.I.K. Dirinya membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2023 

"Tahun ini, Hari Pahlawan diperingati dengan mengusung tema besar Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan," kata Wakapolres Mabar.

Tema ini diangkat dengan renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa, seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

"Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi penerus bangsa untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara," ungkap perwira komisaris polisi itu.

Menurutnya, ancaman dan tantangan ini akan kita taklukan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan pejuang 10 November 1945.

"Tidak mudah memang, tetapi kita bisa karena pahlawan bangsa telah mengajarkan nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan," ujarnya.

Ia juga menyampaikan, para pahlawan telah mengajarkan bahwa kita bukanlah bangsa pecundang, kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah.

"Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora. Semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa di Tahun 1945 semangat yang membawa menolak kalah dan menyerah pada keadaan," ucap Kompol Budi.

Lebih lanjut, kata Wakapolres Mabar, dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, demi mewujudkan masa depan yang lebih baik.

"Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju dan sejahtera," tutupnya.**#