Ratusan Polisi Amankan Tahap Penetapan Paslon Pilkada Mabar

Ratusan Polisi Amankan Tahap Penetapan Paslon Pilkada Mabar

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat mengerahkan ratusan personel untuk mengamankan proses penetapan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat pada Pilkada serentak 2024. 

Pengamanan ini dilakukan di Kantor KPU Manggarai Barat yang berlokasi di Jalan Daniel Daeng Nabit, Wae Kelambu, Labuan Bajo, Minggu (22/09/2024) pagi.

Ratusan personel tersebut merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja (OMP) Turangga 2024 yang bertugas khusus mengawal tahapan Pilkada.

Kapolres Mabar, AKBP Christian Kadang, S.I.K. menyampaikan, pengamanan ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan Polri untuk memastikan bahwa proses penetapan Paslon Pilkada Manggarai Barat dapat berjalan dengan aman.

"Tahap penetapan ini, kami siagakan 100 personel yang tersebar di berbagai titik strategis di kantor KPU Manggarai Barat. Mulai dari pintu masuk kantor KPU hingga ke lokasi berlangsungnya acara, termasuk pengaturan arus lalu lintasnya," kata Kapolres Mabar, Minggu sore.

Selain personil Polres, pengamanan juga melibatkan satuan dari TNI dan Satpol PP untuk memberikan dukungan keamanan tambahan. Seluruh kegiatan pengamanan dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

"Pengamanan tidak hanya terfokus di Kantor KPU, namun juga dilakukan di sekitar akses jalan menuju lokasi guna mencegah adanya mobilisasi massa atau kegiatan yang dapat mengganggu penyelenggaraan acara," lanjutnya.

Ia juga menambahkan bahwa pengamanan ini bertujuan memberikan rasa aman serta mencegah potensi gangguan selama proses penetapan Paslon. 

"Kami berkomitmen penuh untuk menjamin keamanan dan kelancaran seluruh proses Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024, khususnya di Kabupaten Manggarai Barat," ungkap Alumni Akpol angkatan 2006 itu.

Sementara itu, sesuai jadwal sebagaimana ditetapkan KPU berdasarkan PKPU nomor 2 tahun 2024 penetapan dilaksanakan 22 September 2024. Selanjutnya pada 23 September 2024 akan dilaksanakan proses pengundian nomor urut.

"Jadi untuk tahap pengundian sekaligus pengumuman nomor urut sudah kami siagakan personil, jumlahnya sama. Kami berharap kegiatan besok dapat berjalan dengan aman," sebutnya.

Hingga saat ini, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Manggarai Barat masih terpantau aman dan kondusif.

"Sejauh ini, situasi tetap kondusif. Kami akan terus menjaga keamanan hingga seluruh tahapan Pilkada selesai," sebut AKBP Christian Kadang, S.I.K. 

Selain itu, Mantan Danyon A Resimen III Pasukan Pelopor Korbrimob Polri ini mengajak seluruh masa pendukung paslon untuk ikut menjaga kondusifitas keamanan, tertib dan mentaati aturan yang ada.

"Mari wujudkan Pilkada yang aman dan damai. Pegang teguh konsep lonto leok agar suhu politik tetap sejuk demi terwujudnya Manggarai Barat yang damai," imbaunya.**#