Sikapi Isu Radikalisme, Polres Mabar Terima Audiensi PMKRI Cabang Ruteng

Sikapi Isu Radikalisme, Polres Mabar Terima Audiensi PMKRI Cabang Ruteng

Tribratanewsmanggaraibarat.com- Sejumlah pengurus PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katholik Republik Indonesia) Cabang Kabupaten Manggarai Raya Ruteng melakukan audiensi bersama Polres Manggarai Barat.

Pengurus PMKRI tersebut diterima baik oleh Kasat Intelkam Polres Mabar Iptu Cakra Mudra S.IP di dampingi oleh Kasubagdalops Bag Ops Polres Mabar Iptu I Made Tata di Aula Polres Manggarai Barat, Jumat (19/10/2018) Pagi.

Dalam audiensi tersebut, pengurus PMKRI Servasius Jemorang menyampaikan bahwa beredarnya informasi tentang keberadaan kelompok radikal di Manggarai Barat telah meresahkan masyarakat Manggarai secara luas.

“Mendengar informasi-informasi ini tentunya sebagai masyarakat Manggarai dan sebagai generasi muda dan sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap masa depan Kab. Manggarai Barat dan Kab. Manggarai Raya secara umum kami merasa cemas dan kecewa apabila benar di Labuan Bajo sudah ada kelompok-kelompok radikal, kelompok-kelompok yang anti Pancasila” terang Servasius Jemorang

Dalam aksinya, Pihak PMKRI Cabang Ruteng juga menyatakan sikap untuk terus menyuarakan dan menyebarkan cinta toleransi. Serta mendesak Polres Manggarai Barat dan Pemerintah Daerah Manggarai Barat untuk terus bersinergi melakukan pemantauan segala aktivitas potensi radikal di Manggarai Barat.

Menanggapi hal tersebut, Kasat Intelkam Res Mabar Iptu Cakra Mudra S.IP menyampaikan bahwa Polres Manggarai Barat tidak berdiam diri dan telah melakukan upaya antisipastif, pre-emtif, dan preventif dalam memerangi radikalisme dan terorisme.

“Upaya Pre-emtif yang kita lakukan adalah dengan melakukan pendekatan dengan tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat lalu kita membuat deklarasi di seluruh penjuru Manggarai Barat, lalu kami juga melakukan koordinasi dengan FKUB untuk membantu mensyiarkan hal-hal positif. Namu jika kami temukan itu semua masih dalam koridor paham aliran yang masing-masing agamanya masih bisa dikondisikan” ujar Iptu Cakra Mudra

Dalam hal ini, Pihak Polres juga telah bersinergi dengan pihak TNI untuk melakukan sejumlah pengamanan dan pemeriksaan.

“Kami juga telah meningkatkan pengamanan dan pemeriksaan serta pemantauan di pintu-pintu gerbang baik jalur Darat, Laut maupun Udara yang ada di wilayah Kab. Mabar. Kami juga berkolaborasi dengan TNI-AD, TNI-AL, dan TNI-AU serta pihak terkait baik terhadap tamu yang datang maupun tamu yang akan berangkat. Apabila dalam kegiatan tersebut ditemukan penumpang yang tidak memiliki identitas maka kami akan mencatat dan memonitor dimana orang tersebut. kami juga memiliki database terkait dengan gangguan kamtibmas yang berasal dari Masyarakat di Kabupaten Mabar” tambahnya.

Terakhir, dihadapan massa aksi PMKRI, Kasat Intelkam Iptu Cakra Mudra S.IP juga menyampaikan bahwa Manggarai Barat memiliki organisasi kepemudaan bernama Pemuda Lintas Agama Manggarai Barat (PELITA MABAR). Organisasi ini beranggotakan masyarakat dan anak-anak muda Manggarai Barat yang dipersatukan oleh semangat yang sama yakni menjaga toleransi dan kebhinekaan. Termasuk berupaya menangkal isu radikalisme.