Polisi Peduli, Satpolairud Polres Mabar Perbaiki Lantai Papan Dermaga Biru Labuan Bajo

Polisi Peduli, Satpolairud Polres Mabar Perbaiki Lantai Papan Dermaga Biru Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Satuan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polres Manggarai Barat bersama-sama dengan warga melakukan perbaikan pada lantai papan dermaga penyeberangan setempat, Jumat (18/10/2024) pagi.

Dermaga yang dimaksud terletak di dekat kawasan wisata kuliner Kampung Ujung, Labuan Bajo, Manggarai Barat. Dermaga ini sering dikenal dengan sebutan 'Dermaga Biru'.

Dermaga ini merupakan akses vital bagi banyak warga. Pasalnya, dermaga ini menghubungkan tranportasi laut beberapa pulau kecil di perairan Manggarai Barat yang dihuni masyarakat seperti Pulau Rinca, Pulau Mesa, Pulau Papagarang dan Pulau Komodo.

Bahkan tak cuma itu, dermaga ini kerap digunakan oleh wisatawan jika hendak menuju kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

Kasat Polairud Polres Mabar, AKP Dimas Yusuf Fadhillah Rahmanto, S.Tr.K., S.I.K. mengatakan dermaga ini merupakan dermaga kayu yang sudah mulai rapuh sehingga perlu diadakan perbaikan ataupun pergantian papan lantai.

Kondisi ini dapat menghambat aktivitas warga dan dapat juga membahayakan warga yang melintas, jika tidak segera diperbaiki.

"Sebagian paku dan papan di dermaga tersebut sudah lepas, beberapa titik juga bolong dan ditambal dengan papan seadanya. Kondisinya sudah lapuk termakan usia, sehingga membahayakan warga yang melintas," kata Kasat Polairud.

Menyadari hal tersebut, perbaikan lantai papan dermaga pun langsung dilakukan sejumlah anggota Satpolairud Polres Manggarai Barat. Kendati mengenakan seragam, sejumlah anggota tak segan-segan mengganti papan yang sudah mulai rapuh dan membusuk. 

"Perbaikan dermaga ini merupakan respon terhadap keluhan masyarakat, apalagi lokasi tersebut merupakan kawasan strategis yang sering di lewati wisawatan yang berkunjung ke Labuan Bajo," jelasnya.

Ia juga menyampaikan, dengan adanya perbaikan ini akan memberikan ketenangan kepada masyarakat yang melewati lantai papan dermaga, sehingga tidak ada lagi perasaan was-was saat melintasi.

Meski bukan menjadi tugas kepolisian, namun hal ini dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan yang disebabkan karena lantai papan dermaga yang rusak.

"Diharapkan setelah diperbaiki akan menghindari kecelakaan. Masyarakat dapat beraktivitas dengan lancar dan aman, tanpa khawatir dengan lantai papan dermaga yang rusak," ungkap Mantan Kanit 1 Sisidik Subditgakkum Ditpolairud Polda NTT itu.

Sementara itu, salah satu warga Pulau Rinca, Alimuddin mengucapkan terima kasih atas partisipasi pihak kepolisian dalam perbaikan Dermaga Biru ini.

"Berkat bantuan dari Pak Polisi sehingga bisa digunakan sementara untuk aktivitas sehari-hari kita dan tidak membuat was-was warga saat melintas di dermaga tersebut," pungkasnya.**#